Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Acer Swift Go 14 Touch Edition Rilis di Indonesia, Harga Rp 13 Jutaan

Kompas.com - 27/10/2023, 15:04 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Acer resmi memboyong laptop seri Swift Go terbarunya, yaitu Acer Swift Go 14 Touch Edition ke Indonesia pekan ini.

Sesuai namanya, laptop teranyar Acer tersebut kini hadir dengan fitur layar sentuh (touchscreen) yang bisa mempermudah pengguna mengoperasikan laptop.

Product Manager Consumer Notebook Acer Indonesia, Matius Tirtawirya mengatakan bahwa laptop ini hadir untuk memenuhi kebutuhan anak muda (Gen Z) yang sering bepergian.

"Tren bekerja remote membuat anak muda sering bepergian dan beraktivitas dari mana saja. Dengan Acer Swift Go 14 Touch Edition, mereka tak perlu khawatir membawa laptop berat yang memiliki fitur touchscreen," kata Matius dalam sebuah acara yang digelar Acer Indonesia di Gioi Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Baca juga: Laptop Acer Swift Go 14 OLED Special Edition Dijual di Indonesia

Secara desain, Acer Swift Go 14 Touch Edition mengadopsi layar IPS LCD berukuran 14 inci dengan resolusi WUXGA (1.920 x 1.200 piksel).

Layar ini memiliki rentang warna 100 persen sRGB dan tingkat kecerahan mencapai 400 nit. Matius mengeklaim layar laptop ini 25 persen lebih terang dari laptop lain di kelasnya.

Product Manager Consumer Notebook Acer Indonesia, Matius Tirtawirya dalam sebuah acara yang digelar Acer Indonesia di Gioi Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten. Product Manager Consumer Notebook Acer Indonesia, Matius Tirtawirya dalam sebuah acara yang digelar Acer Indonesia di Gioi Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

Nah, karena hadir dari seri Swift Go, dimensi ketebalan Acer Swift Go 14 Touch Edition diklaim tertipis dan teringan di kelasnya, yaitu dengan dimensi ketebalan 14,9 mm dan bobot 1,32 kg.

Meski tipis dan ringan, Acer Swift Go 14 Touch Edition tetap memiliki performa yang diklaim mumpuni di kelasnya. Prosesor (CPU) laptop tersebut mengandalkan CPU Intel Core Generasi ke-13 yang bisa dikonfigurasikan hingga Intel Core i7-13700H.

CPU tersebut dipadukan dengan pengolah grafis (GPU) Intel Iris Xe, RAM LPDDR5 16 GB, serta media penyimpanan (storage) SSD NVMe Gen 4 dengan kapasitas mencapai 1 TB.

Dengan konfigurasi hardware seperti ini, Acer Swift Go 14 Touch Edition bisa mendapatkan dan sudah sertifikasi Intel Evo. Intel menjamin bahwa laptop dengan sertifikasi ini memiliki performa cepat dan andal, mempunyai tingkat responsivitas yang tinggi, serta baterai yang tahan lama.

Baca juga: Acer Nitro V 15 Resmi Masuk Indonesia, Laptop Gaming Harga Rp 11 Juta

Menyoal baterai, laptop Acer ini ditopang baterai berkapasitas 65 Wh. Acer mengeklaim baterai laptop ini tahan hingga 12,5 jam dalam pemakaian normal. Jika habis, baterai laptop bisa diisi selama 30 menit untuk mendapatkan pemakaian normal hingga 4 jam.

"Kalau pakai fitur penghemat baterai alias battery saver, tingkat ketahanan daya laptop ini bisa ditingkatkan lagi menjadi sekitar 16 jam. Jika baterai habis, dayanya bisa diisi penuh sekitar 1 jam," kata Matius.

Punggung laptop Acer Swift Go 14 OLED.KOMPAS.com/Bill Clinten. Punggung laptop Acer Swift Go 14 OLED.

Fitur pendukung yang ada di laptop ini mencakup webcam Superclear QHD AI beresolusi 1440p, Fast Charging, Thunderbolt 4, Killer WiFi 6E, Bluetooth 5.1, sistem operasi Windows 11 Home.

Ada pula teknologi sistem pendingin Acer TwinAir (dual fan) yang diklaim memiliki performa peredaman panas 10 persen lebih baik dari laptop Swift Go lainnya.

Baca juga: Laptop Acer Swift Go 14 OLED Special Edition Dijual di Indonesia

"Kamera Acer Swift Go 14 Touch Edition lebih jernih dari laptop sekelasnya. Selain itu, kamera laptop terbaru kami juga kini mendukung perekaman video," jelas Matius.

Ada pula fitur Acer Purified Voice dan Acer Temporal Noise Reduction (TNR) yang dapat menghilangkan noise dan meningkatkan kualitas gambar di kondisi cahaya rendah, serta Auto Tracking dan Eye Contact untuk menjaga fokus webcam ke gerakan mata dan badan pengguna.

Untuk ketersediaan, Acer Swift Go 14 Touch Edition kini sudah bisa dibeli di berbagai toko mitra Acer, baik online maupun offline.

Laptop ini hanya hadir dalam satu varian warna, yaitu Pure Silver dan dijual di Tanah Air dengan harga ritel sebagai berikut:

  • Acer Swift Go 14 Touch Edition (Intel Core i5-13500H, RAM 16 GB, SSD 512 GB): Rp 13.499.000
  • Acer Swift Go 14 Touch Edition (Intel Core i7-13700H, RAM 16 GB, SSD 1 TB): Rp 15.999.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com