Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Oppo Penuhi TKDN HP Lipat Find N3 di Indonesia

Kompas.com - 27/10/2023, 19:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Oppo memastikan smartphone lipat Find N3 bakal rilis di Indonesia. Untuk masuk ke Tanah Air, Oppo Find N3 wajib mengantongi sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

TKDN merupakan nilai atau persentase komponen produksi buatan Indonesia yang dipakai dalam sebuah produk.

Dalam konteks smartphone, komponen tersebut mencakup hardware, software, hingga tenaga kerja lokal. Tanpa sertifikat TKDN, ponsel tidak bisa diedarkan dan dijual di Indonesia.

Adapun Oppo Find N3 lolos uji TKDN dengan skor sebesar 37,05 persen, lebih besar daripada nilai minimal TKDN yang mesti dipenuhi, yakni 35 persen.

Oppo Find N3 pun dapat lolos TKDN karena menjalankan dua skema yang dibagi menjadi manufaktur dan pengembangan.

Baca juga: Mengintip Proses Perakitan HP Lipat Oppo Find N3 di Tangerang

"Ada dua skema yaitu manufaktur dan pengembangan. Keduanya dibagi lagi menjadi berbagai komponen," kata Adhiel Akbar selaku Vice Leader Product Engineering Electrical Oppo Indonesia, kepada KompasTekno dalam acara kunjungan pabrik Oppo di Tangerang, Kamis (26/10/2023).

Manufaktur dibagi menjadi pemanfaatan pabrik Oppo yang berlokasi di Tangerang dan tenaga kerja lokal untuk merakit unit smartphone Find N3.

Selain itu, sejumlah material pun langsung dikembangkan di Indonesia, yang mencakup kabel USB, buku panduan (manual book), dan kartu garansi.

Sementara itu, skema pengembangan dipecah menjadi tiga, yakni Industrial Design (ID), Manufacture Design (MD), dan software.

"Yang pertama dilihat dari sisi perubahan struktur ponsel alias kerangka luar. Nama lainnya adalah Industrial Design atau disingkat menjadi ID," sambung Adhiel.

Vice Leader Product Engineering Electrical Oppo Indonesia Adhiel Akbar (kiri), PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto (tengah), dan Senior Product Engineer Oppo Indonesia Mohammad Rafqi Ramadhan (kanan) dalam kunjungan awak media ke pabrik Oppo Manufacturing Indonesia di Periuk, Tangerang, Banten, Kamis (26/10/2023).
KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Vice Leader Product Engineering Electrical Oppo Indonesia Adhiel Akbar (kiri), PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto (tengah), dan Senior Product Engineer Oppo Indonesia Mohammad Rafqi Ramadhan (kanan) dalam kunjungan awak media ke pabrik Oppo Manufacturing Indonesia di Periuk, Tangerang, Banten, Kamis (26/10/2023).
Adhiel menjelaskan, ID merupakan deretan perubahan yang dilakukan tanpa harus membongkar atau merusak smartphone. Contohnya saja mengubah desain luar lensa kamera, baik memperbesar maupun memperkecil.

Di sisi lain, Manufacture Design menyangkut kerangka dalam perangkat, sehingga perubahan hanya bisa dilakukan setelah ponsel dibongkar. Hal ini mencakup sisi kerangka penyangga yang memengaruhi daya tahan (durability) Find N3.

Baca juga: Oppo Datangkan Mesin Khusus Perakit HP Lipat Find N3 di Pabrik Tangerang

"Terakhir, ada software. Software ini kita ubah atau modifikasi sesuai dengan persyaratan dari Kemenperin," ungkap Adhiel.

Salah satu contohnya adalah boot configuration wizard (sistem yang membantu pengguna mengatur ponsel saat baru pertama kali dinyalakan) dengan antarmuka (UI) bermotif kerajinan khas Jawa, batik.

Kemudian, ada pula wallpaper bernuansa Indonesia yang bisa digunakan di Find N3, misalnya wallpaper Gunung Bromo, Pura Ulun Danu Batur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com