Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OnePlus Open Meluncur, Ponsel Lipat Kembaran Oppo Find N3

Kompas.com - 20/10/2023, 11:21 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, OnePlus akhirnya resmi meluncurkan ponsel lipat perdananya, yakni OnePlus Open. OnePlus Open merupakan rebranding alias kembaran dari smartphone lipat anyar Oppo, yakni Find N3 yang juga dirilis di saat yang bersamaan, Kamis, 19 Oktober 2023.

Meskipun kembar, ada sedikit perbedaan antara OnePlus Open dan Oppo Find N3. Misalnya pada aspek punggung ponsel yang menampilkan logo merek OnePlus, bukan Oppo. Antarmuka OnePlus Open juga memakai OxygenOS 13.2, bukan ColorOS.

Untuk desain dan spesifikasi OnePlus Open lainnya, masih sama persis dengan Oppo Find N3. Berikut selengkapnya.

Baca juga: Oppo Find N3 Meluncur, Ponsel Lipat dengan Tiga Kamera Belakang Hasselblad

Spesifikasi OnePlus Open

Seperti Oppo Find N3, OnePlus Open juga memiliki mekanisme lipatan melintang, layaknya sebuah buku.

Layar utamanya berpanel LTPO 3.0 AMOLED berbentang 7,82 inci. Resolusi layarnya 2440 x 2268 piksel, dengan refresh rate sampai 120 Hz. Layar ini memiliki rasio aspek 1.0758:1 dan kecerahan sampai 2.800 nits.

OnePlus Open juga dibekali layar luar alias layar sekunder berpanel Super Fluid LTPO 3.0 AMOLED berbentang 6,31 inci. Resolusi layarnya adalah 2484 x 1116 piksel dengan refresh rate yang sama dengan layar utama, yakni 120 Hz, rasio aspek nyaris 20:9 dan kecerahan yang sama seperti layar utama.

Menurut perusahaan, ketika layar OnePlus Open dibuka, pengguna akan disambut dengan OnePlus Canvas, yaitu fitur yang dirancang untuk mendukung multitasking pengguna. Dalam praktinya, pengguna bisa menyesuaikan ukuran tampilan aplikasi hingga menampilkan beberapa aplikasi di satu layar utama.

Pengguna bisa menampilkan sampai tiga jendela aplikasi di layar, baik saat layar utama dalam orientasi vertikal maupun horizontal.

Pungung smartphone ini dibekali dengan modul kamera besar berbentuk lingkaran. Pada modul itu juga tercantum teks dan logo Hasselblad, menunjukkan bahwa kamera smartphone ini didukung teknologi Hasselblad.

Pada aspek kamera, smartphone lipat OnePlus ini didukung tiga kamera belakang. Kamera utamanya punya resolusi 48 MP didukung sensor Sony LYTIA-T808. Sensor ini memiliki ukuran 1/1,43" dan punya lensa 24 mm f/1.7 dengan dukungan stabilisasi optik.

OnePlus Open, ponsel lipat kembaran Oppo Find N3OnePlus OnePlus Open, ponsel lipat kembaran Oppo Find N3

Sensor itu dilengkapi dengan teknologi transistor lapis ganda yang menawarkan sensitivitas cahaya yang lebih baik.

Kamera belakang OnePlus Open selanjutnya yaitu kamera ultrawide 48 MP dengan lensa 14 mm f/2.2 dan dukungan fitur autofokus. Ada pula kamera telefoto 64 MP dengan dukungan zoom optik tiga kali.

Baca juga: OnePlus Pad Go Meluncur, Tablet Murah dengan MediaTek Helio G99

Berkat kerja sama perusahaan dengan pabrikan kamera kenamaan Hasselblad, kamera OnePlus Open juga didukung teknologi kalibrasi warna Hasselblad.

Smartphone ini juga dilengkapi kamera depan ganda. Satu kamera dipasang di layar utama dengan resolusi 20 MP dan kamera depan lainnya dipasang di layar sekunder, beresolusi 32 MP.

OnePlus Open ditenagai oleh System on Chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 2, dipadukan dengan RAM LPDDR5X 16 GB dan memori internal 512 GB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com