Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal eSIM, Telkomsel Tak Ingin Sekadar Punya

Kompas.com - 28/10/2023, 13:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menegaskan siap menyediakan layanan Embedded Subscriber Identity Modul alias eSIM. Hal ini disampaikan oleh Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit usai peluncuran paket bundling Telkomsel x iPhone 15.

Menurut pria yang akrab disapa Sigit itu, Telkomsel pasti menghadirkan dukungan eSIM. Apalagi, permintaan konsumen akan layanan eSIM di Indonesia juga sudah ada.

Hanya saja, Telkomsel ingin menyiapkan teknologi tersebut secara matang, sebelum dirilis ke pelanggan.

"Dengan segala pertimbangan itu, kita melihat eSIM ini mau dirilis untuk segmen seperti apa, kan ini bukan hanya sekadar ada lalu kita launching," kata SIgit dijumpai usai peluncuran paket bundling Telkomsel x iPhone 15 di Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Baca juga: eSIM Telkomsel Masih Tunggu Regulasi Kominfo

Sigit menyadari ada segmen yang membutuhkan eSIM, namun Telkomsel ingin memastikan teknologinya benar-benar bermanfaat.

"Sisi teknis juga kita perlu pikirkan, agar eSIM benar-benar bisa dipakai untuk meningkatkan pengalaman pelanggan," kata Sigit.

Soal waktunya, Sigit belum bisa mengungkapkan kapan eSIM Telkomsel bakal dirilis. Dia hanya memastikan bahwa layanan itu bakal tersedia.

"Tunggu tanggal mainnya aja. Yang jelas kita pasti akan ada (eSIM), tapi belum bisa reveal kapannya," ujar Sigit.

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit usai peluncuran paket bundling Telkomsel x iPhone 15Kompas.com/Lely Maulida Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit usai peluncuran paket bundling Telkomsel x iPhone 15

Faktor pertimbangan

Sigit bilang, ada beberapa hal yang dipertimbangkan Telkomsel sebelum meluncurkan dukungan eSIM.

Pertama yaitu terkait bagaimana teknologinya, agar bisa dipakai dan memberikan kenyaman ke pelanggan.

Kedua, soal dampak dari eSIM yang memudahkan pelanggan migrasi. Padahal, Telkomsel merupakan operator dengan jumlah pelanggan terbesar di Indonesia dengan total pelanggan 153,3 juta.

Oleh karena itu, operator seluler ini ingin menyiapkan layanan eSIM sematang mungkin, termasuk dengan mempertimbangkan segmen mana yang bisa menggunakan eSIM.

Baca juga: Setelah eSIM, Kini Hadir Kartu SIM Digital Baru iSIM, Apa Itu?

Sebagai informasi, eSIM memungkinkan pengguna ponsel tidak menggunakan kartu SIM fisik. Sebab, eSIM mengandalkan komponen yang tertanam di bagian motherboard ponsel secara permanen.

Untuk menggunakan eSIM, operator seluler akan memasukkan (inject) nomor ponsel pengguna ke dalam ponsel, untuk menggantikan kartu SIM fisik.

Masih tunggu regulasi

Diwartakan sebelumnya, Telkomsel sedang menyiapkan layanan eSIM, sembai menunggu regulasi eSIM dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com