Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keseruan SXSW Sydney 2023 dalam Bidikan Kamera HP "200 MP" Samsung

Kompas.com - 27/10/2023, 12:45 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang festival teknologi, film, dan musik tahunan, South by Southwest (SXSW) pertama kali digelar di Sydney, Australia pada 15-22 Oktober 2023.

Jurnalis Kompas.com Galuh Putri Riyanto berkesempatan meliput langsung SXSW Sydney 2023 atas undangan HP Indonesia. HP menjadi "major sponsor" (sponsor utama) pameran teknologi SXSW Sydney yang diselenggarakan di venue International Convention & Exhibition Centre (ICC) Sydney.

Baca juga: Menjajal Laptop 3-in-1 HP Spectre Fold Seharga Rp 75 Juta di SXSW Sydney

Selama empat hari di Sydney, kami hanya bermodalkan senjata Samsung Galaxy S23 Ultra untuk mengabadikan keseruan rangkaian acara SXSW Sydney, baik dalam format foto maupun video.

Samsung S23 Ultra menjadi andalan kami karena memiliki fitur kamera yang yang lengkap. Mulai dari kamera 200 MP, kamera ultrawide 12 MP, kamera telefoto 10 MP (zoom optis 3x), serta kamera telefoto 10 MP (zoom optis 10x).

Keempat kamera tersebut membuat kami bisa mengabadikan momen SXSW Sydney 2023 dengan bagus. Hal pertama yang kami abadikan adalah suasana kota Sydney yang dipenuhi dengan hal-hal serba SXSW, terutama di area Haymarket, Darling Harbour, Ultimo, Chippendale, dan sekitarnya yang menjadi pusat acara SXSW.

Kami mengandalkan Samsung S23 Ultra untuk memotret pernak-pernik SXSW Sydney, seperti iklan SXSW di layar LED, spanduk, dan billboard mulai dari di jalan raya, kafe, hingga hotel. Kami tinggal point and shoot, kemudian mendapatkan hasil yang tajam dan detail.

Potret spanduk SXSW Sydney menghiasi jalan-jalan di area Darling Harbour, Sydney.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Potret spanduk SXSW Sydney menghiasi jalan-jalan di area Darling Harbour, Sydney.
Iklan LED SXSW Sydney 2023 menghiasi beberapa penjuru Sydney.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Iklan LED SXSW Sydney 2023 menghiasi beberapa penjuru Sydney.
SXSW Sydney juga menyulap taman Tumbalong Park menjadi pusat acara musik festivalnya. Di Tumbalong Park, kami melihat banyak spanduk SXSW, gapura SXSW, panggung dengan hiasan serba SXSW, hingga beragam booth aktivasi untuk sponsor SXSW Sydney 2023, seperti Posche dan lainnya.

Pemandangan panggung festival musik SXSW Sydney 2023 di Tumbalong Park dari ICC Sydney.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Pemandangan panggung festival musik SXSW Sydney 2023 di Tumbalong Park dari ICC Sydney.
Tumbalong Park disulap menjadi dua panggung yang cukup besar untuk acara festival musik SXSW Sydney 2023. Di Tumbalong Park, kami melihat banyak spanduk SXSW, gapuran SXSW, hingga beragam booth aktivasi untuk sponsor SXSW Sydney 2023 seperti Posche dan lainnya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tumbalong Park disulap menjadi dua panggung yang cukup besar untuk acara festival musik SXSW Sydney 2023. Di Tumbalong Park, kami melihat banyak spanduk SXSW, gapuran SXSW, hingga beragam booth aktivasi untuk sponsor SXSW Sydney 2023 seperti Posche dan lainnya.
Dengan Samsung S23 Ultra, kami bisa mengabadikan suasana Tumbalong Park dengan bagus, jernih, dan terang. Kami juga bisa menjepret suasana Tumbalong Park dari ICC Sydney yang jaraknya cukup jauh. Bahkan kami sempat mengabadikan momen grup musi indie asal Indonesia, Soegi Bornean manggung di Tumbalong Park dari ICC Sydney. Hal ini berkat dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra.

Ketika kami memotret dari jarak jauh, dua kamera telefoto Samsung S23 Ultra mampu menghasilkan foto yang bagus, terang, dan jernih. Kami mengandalkan zoom optis 3x dan 10x, serta zoom digital hingga 30x.

Potret panggung festival musik SXSW Sydney 2023 di taman Tumbalong dari jarak jauh. Foto ini diambil dengan kamera Galaxy S23 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Potret panggung festival musik SXSW Sydney 2023 di taman Tumbalong dari jarak jauh. Foto ini diambil dengan kamera Galaxy S23 Ultra.
Soegi Bornean tampil di panggung SXSW Sydney 2023. Foto ini dijepret menggunakan kzoom digital 30x Samsung S23 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Soegi Bornean tampil di panggung SXSW Sydney 2023. Foto ini dijepret menggunakan kzoom digital 30x Samsung S23 Ultra.
Keseruan SXSW Sydney juga berlanjut di dalam ICC Sydney, venue utama tempat konferensi dan pameran teknologi diadakan. Pameran teknologi diadakan di salah satu hall ICC Sydney. Ketika masuk hall, pengunjung akan disambut oleh booth dari banyak perusahaan teknologi, termasuk perusahaan raksasa seperti HP, Intel, dan Amazon Web Service.

Di pameran SXSW Sydney, HP memamerkan laptop 3-in-1 terbarunya HP Spectre Fold seharga Rp 75 juta, memajang perangkat penunjang kerja hybrid, laptop gaming flagship Omen, hingga mengungkap riset bertajuk "Work Index Relationship".

Berikut hasil foto-foto booth HP di SXSW Sydney 2023 menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra.

Booth HP di pameran teknologi SXSW Sydney 2023. Di sini, HP memajang laptop 3-in-1 terbarunya HP Spectre Fold, laptop gaming Omen, hingga perangkat lain yang mendukung kerja hybrid.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Booth HP di pameran teknologi SXSW Sydney 2023. Di sini, HP memajang laptop 3-in-1 terbarunya HP Spectre Fold, laptop gaming Omen, hingga perangkat lain yang mendukung kerja hybrid.
HP Spectre Fold dalam mode laptop extended (kiri( dan tablet (kanan).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto HP Spectre Fold dalam mode laptop extended (kiri( dan tablet (kanan).
Intel juga memiliki booth pameran yang sangat luas. Di sana, Intel memamerkan beragam PC gaming, terutama yang sudah ditenagai prosesor terbaru dan paling mumpuni bikinannya, yaitu Intel Core i9-14900K generasi ke-14 Raptor Lake Refresh.

Intel juga memamerkan laptop hingga mengadakan turnamen game amatir untuk pengunjung yang datang. Berikut foto-foto dan video keseruan di booth Intel.

Pengunjung menjajal PC gaming Omen by HP 40L bertenaga Intel Core i9-14900K generasi ke-14 Raptor Lake Refresh di pameran SXSW Sydney 2023.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Pengunjung menjajal PC gaming Omen by HP 40L bertenaga Intel Core i9-14900K generasi ke-14 Raptor Lake Refresh di pameran SXSW Sydney 2023.

@kompastekno Intel showcase gaming desktop PCs with its newest and fastest processor, Intel Core i9-14900K Gen-14 (Raptor Lake Refresh) at SXSW Sydney 2023. PCs gaming in VT: Acer Predator Orion 7000 (PO7-650) Asus ROG Strix Z790 Asus ROG Falcon Z790 Build Asus ROG Gryfalcon Z790 Build Omen by HP 40L Gigabyte C500 Aorus Master X Alienware Aurora R16 choose your fighter! #sxsw #sydney #intel #intelcorei9 #gen14 #raptorlakerefresh #pc #pcgaming ? original sound - Tekno Kompascom

Selain HP dan Intel, pameran teknologi SXSW juga dimeriahkan oleh Amazon Web Services. Salah satu teknologi yang paling menarik adalah "Basketball free-throw analyzer".

Zona pengalaman Basketball free-throw analyzer dari AWS ini menghadirkan "pelatih" virtual permainan bola basket. Teknologi AWS tersebut bisa membuat pengunjung mengetahui posisi, sudut lambung, kecepatan, hingga ketinggian bola yang tepat agar tembakan lemparan bebas (free-throw) masuk ring.

Baca juga: Ketika Teknologi Jadi Pelatih Basket, Pemain Bisa Jago Free Throw

Booth Amazon Web Services (AWS) di pameran SXSW Sydney 2023.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Booth Amazon Web Services (AWS) di pameran SXSW Sydney 2023.
AWS atau Amazon Web Services memamerkan demo Basketball free-throw analyzer dalam ajang SXSW Sydney 2023 di ICC Sydney yang berlangsung 15-22 Oktober 2023.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto AWS atau Amazon Web Services memamerkan demo Basketball free-throw analyzer dalam ajang SXSW Sydney 2023 di ICC Sydney yang berlangsung 15-22 Oktober 2023.
Pameran teknologi SXSW Sydney ini juga memamerkan beragam teknologi Extended Reality. Salah satunya Julaymba yang dibuat oleh Joseph Purdam. Pengunjung bisa merasakan pengalaman Mixed Reality dengan melakukan perjalanan mendalam melintasi Hutan Hujan Daintree, dan belajar tentang hubungan Pemilik Tradisional dengan alam.

XR showcase juga menampilkan film berbasis XR berjudul "Reimagined Vol II: Mahal (AS)" yang dibuat oleh Michaela Ternasky-Holland. Film ini terinspirasi oleh mitologi Filipina tentang empat dewa mistis.

Pengunjung sedang mencoba salah satu XR experience, bernama Julaymba. Pengunjung akan dibawa dalam perjalan Mixed Reality yang transformatif melalui hutan hujan tertua di dunia, Daintree. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Pengunjung sedang mencoba salah satu XR experience, bernama Julaymba. Pengunjung akan dibawa dalam perjalan Mixed Reality yang transformatif melalui hutan hujan tertua di dunia, Daintree.
Highlight keseruan SXSW Sydney 2023 juga bisa disaksikan lewat video TikTok di bawah ini. Video ini seluruhkan juga diambil menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra dan diedit di aplikasi Capcut.

@kompastekno Highlight SXSW Sydney 2023 South By Southwest (SXSW) dedicates itself to helping creative people achieve their goals. Founded in 1987 in Austin, Texas, SXSW Sydney is heading out of America for the first time to Sydney, Australia.  Expo: PC with Intel's latest processor HP Spectre Fold 17 inch AWS Basketball free-throw analyzer VR & XR showcase Festival Music Prime Video Pop up - Primeville Snapchat SXSW Sydney take over the city with over 700 speakers, 150 games showcases, 400 artist performances, 150 screenings, and 100s of expo exhibitors over seven massive days (15-22 October 2023). #sxsw #sxswsydney #tech #music #HPxSXSWSydney #HP ? BLACKPINK style Shut Down style(1329329) - Burning Man
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com