Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Besar Merek Ponsel Dunia Versi Counterpoint, Samsung Teratas Ungguli Apple

Kompas.com - 19/10/2023, 09:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Firma riset Counterpoint Research merilis laporan terbaru tentang pasar ponsel dunia untuk kuartal III-2023. Dalam laporan tersebut, Samsung menjadi vendor smartphone teratas secara global, mengungguli pesaingnya, Apple.

Artinya, Samsung membukukan penjualan unit smartphone terbanyak dibanding vendor ponsel lain di dunia. Vendor asal Korea Selatan itu membukukan pangsa pasar sebesar 20 persen pada kuartal III-2023. Angka itu selisih sekitar 4 persen dibanding Apple yang menduduki posisi kedua.

Berdasarkan laporan yang sama, Apple meraup pangsa pasar sebesar 16 persen di periode yang sama. Kemudian, disusul trio vendor asal China, yakni Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Xiaomi yang duduk di urutan ketiga, meraup pangsa pasar sebesar 12 persen. Kemudian Oppo menguasai pangsa pasar ponsel dunia sebesar 10 persen, mengantarkan vendor ini di urutan keempat. Vivo menduduki posisi kelima dengan pangsa pasar 8 persen.

Baca juga: IDC: Pasar Ponsel Dunia Turun 14 Persen, Samsung Teratas

Berikut daftar lima besar merek ponsel dunia serta pangsa pasarnya untuk kuartal III-2023, versi Counterpoint.

5 besar merek ponsel dunia versi Counterpoint Research

Tangkapan layar lima besar merek smartphone teratas dunia versi Counterpoint Research pada kuartal III-2023.Counterpoint Research Tangkapan layar lima besar merek smartphone teratas dunia versi Counterpoint Research pada kuartal III-2023.

  1. Samsung - 20 persen
  2. Apple - 16 persen
  3. Xiaomi - 12 persen
  4. Oppo - 10 persen
  5. Vivo - 8 persen

Selain lima merek besar di atas, Counterpoint Research juga mencatat pangsa pasar "others" (lain-lain) untuk kumpulan merek smartphone lainnya, selain kelima vendor tadi. Adapun pangsa pasar gabungan merek lain cukup besar, yakni 34 persen, tumbuh 2 persen dibanding tahun lalu (year over year/YoY).

Baca juga: Canalys: Pasar Smartphone Global Turun 11 Persen

Kompak turun

Secara umum, setiap vendor ponsel membukan pangsa pasar yang lebih rendah bila dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun lalu (YoY).

Samsung misalnya, yang menguasai pangsa pasar sebesar 20 persen, mengalami penurunan dari kuartal III-2022 yang kala itu meraup pangsa pasar 21 persen.

Berdasarkan laporan Counterpoint, kontributor pengiriman ponsel Samsung berasal dari lini seri Galaxy A. Selain itu, pada kuartal ini, penjualan Galaxy Z Flip juga dua kali lipat lebih banyak dibanding pesaingnya, sehingga kian mendorong volume penjualan Samsung.

Nasib serupa juga menimpa Apple. Pangsa pasar Apple turun dibanding kuartal III-2022, yakni sebesar 17 persen kini menjadi 16 persen.

Pangsa pasar Apple pada kuartal selanjutnya diyakini tumbuh positif, seiring dengan penjualan iPhone 15 yang makin meluas ke berbagai wilayah, diikuti dengan momen belanja akhir tahun.

Trio vendor asal China, Xiaomi, Oppo dan Vivo juga mengalami penurunan pangsa pasar.  Xiaomi yang membukukan pangsa pasar sebesar 12 persen, mengalami penurunan dari kuartal yang sama tahun 2022, di mana saat itu meraup 13 persen.

Dibanding Xiaomi dan Vivo, Oppo mengalami penurunan penjualan yang paling sedikit, sehingga pangsa pasarnya pada kuartal III-2023 bertahan di angka 10 persen. Persentase yang sama juga diraih Oppo pada kuartal III-2022.

Sementara itu, Vivo yang saat ini menguasai pangsa pasar sebesar 8 persen, mengalami penurunan dari periode yang sama tahun lalu, di mana pangsa pasarnya mencapai 9 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com