Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Auto Bagus", Bidik Opera House dan Harbour Bridge Sydney Pakai Samsung S23 Ultra

Kompas.com - 25/10/2023, 14:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pekan lalu, jurnalis Kompas.com Galuh Putri Riyanto diundang HP Indonesia untuk menghadiri acara South by Southwest alias SXSW Sydney 2023 di Sydney, Australia.

Selama empat hari di Sydney, kami berkesempatan untuk mengelilingi sudut-sudut kota Sydney yang kini sedang musim semi.

Rasanya belum afdol ke Sydney, bila tidak mengunjungi bangunan landmark kota Sydney. Kami pun mampir ke tempat-tempat ikonik, seperti Sydney Opera House, Harbour Bridge, hingga The Rocks.

Selama mengikuti kegiatan HP x SXSW Sydney 2023 dan berkeliling kota, kami hanya bermodalkan senjata Samsung Galaxy S23 Ultra untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto.

Baca juga: Menjajal Laptop 3-in-1 HP Spectre Fold Seharga Rp 75 Juta di SXSW Sydney

Dengan ponsel ini, kami hanya perlu membidik lalu "cekrek" (memencet tombol shutter), tanpa perlu menyetel pengaturan yang jelimet. Cukup point and shoot, kami sudah bisa menghasilkan foto yang bagus, jernih, dan tajam seperti gambar Sydney Opera House di bawah.

Sydney Opera House terletak di dekat pelabuhan yang menyajikan keindahan Samudra Pasifik. Dengan Samsung S23 Ultra, kami bisa mendapatkan foto dengan langit yang biru serta beberapa deatil lain seperti awan, pola bangunan, hingga ombak lautan.

Hasil foto Sydney Opera House menggunakan kamera telefoto 10 MP zoom optis 3x (kiri) dan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x (kanan). Dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra mampu menangkap obyek foto dengan detail dan tajam.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto Sydney Opera House menggunakan kamera telefoto 10 MP zoom optis 3x (kiri) dan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x (kanan). Dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra mampu menangkap obyek foto dengan detail dan tajam.
Kamera Galaxy S23 Ultra mampu menangkap obyek foto dengan cepat. Kami tinggal point and shoot untuk mendapatkan foto burung camar sebagus ini. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kamera Galaxy S23 Ultra mampu menangkap obyek foto dengan cepat. Kami tinggal point and shoot untuk mendapatkan foto burung camar sebagus ini.
Tak jauh dari Sydney Opera House, kami juga bisa langsung melihat Harbour Bridge yang melintang dari kawasan bisnis Sydney CBD ke kawasan North Shore.

Dengan Samsung S23 Ultra, kami bisa memotret keseluruhan jembatan ikonik Sydney ini dengan bagus, jernih, dan tajam. Yang kami suka dari Galaxy S23 Ultra, ponsel ini sudah dibekali dua kamera telefoto yang masing-masing beresolusi 10 MP. Dua kamera telefoto ini dibekali zoom optis 3x dan 10x.

Baca juga: Riset Canalys: Samsung Galaxy S23 Ultra HP Android Terpopuler di Dunia

Berkat dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra ini, kami bisa melihat detail rangka bangunan Harbour Bridge dari jarak yang cukup jauh, seperti gambar di bawah.

Indahnya Harbour Bridge saat golden hour, dijepret dengan Galaxy S23 Ultra. Kamera mampu menangkap sinar oranye dari matahari, birunya air laut, dan rangka jembatan dengan detail.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Indahnya Harbour Bridge saat golden hour, dijepret dengan Galaxy S23 Ultra. Kamera mampu menangkap sinar oranye dari matahari, birunya air laut, dan rangka jembatan dengan detail.
Indahnya pemandangan pelabuhan Cicular Quay, Sydney ketika ada kapal pesiar sedang bersandar.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Indahnya pemandangan pelabuhan Cicular Quay, Sydney ketika ada kapal pesiar sedang bersandar.
Kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x Galaxy S23 Ultra mampu menangkap detail kontruksi jembatan Harbour Bridge.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x Galaxy S23 Ultra mampu menangkap detail kontruksi jembatan Harbour Bridge.
Dalam kondisi cahaya yang cukup, kami juga dengan mudah menjepret keindahan bangunan di sudut-sudut kota Sydney. Kami memotret patung Queen Victoria, Christ Cruch St Laurence, Sydney Town Hall, gedung dengan arsitektur yang menarik, hingga deretan toko/kafe di The Rock dengan vibes ala Inggris Raya.

Semua hasil fotonya "auto bagus" dan jernih dengan Galaxy S23 Ultra, seperti gambar di bawah ini.

Kamera Galaxy S23 Ultra sangat baik dalam menangkap detail bangunan Christ Church St Laurence di Haymarket, Sydney, Australia.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kamera Galaxy S23 Ultra sangat baik dalam menangkap detail bangunan Christ Church St Laurence di Haymarket, Sydney, Australia.
Hasil foto Sydney Tower Eye yang diambil dari area pelabuhan Darling Harbour.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto Sydney Tower Eye yang diambil dari area pelabuhan Darling Harbour.
Dalam kondisi cahaya minim (lowlight) seperti malam hari, Samsung Galaxy S23 Ultra ini juga dapat diandalkan. Hasil foto malam Galaxy S23 Ultra juga tak kalah bagus dan jernih seperti foto Sydney Opera House dan city light kota Sydney di bawah.

Cantiknya Sydney Opera House di laman hari dengan efek lampu.Kamera Galaxy S23 Ultra. Ponsel ini mampu menangkap detail bangunan ini dengan sangat baik dan detail, tanpa noise dan efek berpendar.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cantiknya Sydney Opera House di laman hari dengan efek lampu.Kamera Galaxy S23 Ultra. Ponsel ini mampu menangkap detail bangunan ini dengan sangat baik dan detail, tanpa noise dan efek berpendar.

City light kota Sydney dalam bidikan kamera Galaxy S23 Ultra. Ponsel ini mampu menangkap cahaya dari bangunan dengan sangat baik dan detail, tanpa noise dan efek berpendar.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto City light kota Sydney dalam bidikan kamera Galaxy S23 Ultra. Ponsel ini mampu menangkap cahaya dari bangunan dengan sangat baik dan detail, tanpa noise dan efek berpendar.
Saat traveling, tak lengkap rasanya bila tak ber-selfie ria. Kami juga mengandalkan kamera depan 12 MP Galaxy S23 Ultra untuk selfie dengan latar Sydney Opera House dan Harbour Bridge. Hasil fotonya bagus, tajam, dan terang.

Hasil kamera selfie 12 MP Galaxy S23 Ultra bagus, terang, dan detail. Kami bisa mengatur depth of field (tingkat blur) baik sebelum atau sesudah menjepret.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil kamera selfie 12 MP Galaxy S23 Ultra bagus, terang, dan detail. Kami bisa mengatur depth of field (tingkat blur) baik sebelum atau sesudah menjepret.
Salah satu fitur yang kami suka di Galaxy S23 Ultra adalah kemampuan untuk menambahkan efek portrait (blur di bagian belakang) serta menghilangkan efek portrait. Dengan fitur ini, kami menjadi leluasa dan tidak perlu khawatir lupa mengatur mode portrait sebelum menjepret, atau sebaliknya.

Baca juga: Memotret Suga BTS dengan HP Konser Samsung Galaxy S23 Ultra

Fitur lain yang sangat kami andalkan adalah object eraser alias penghapus obyek. Fitur object eraser ini hadir secara bawaan di galeri HP Galaxy S23 Ultra. Berkat fitur object eraser, kami bisa menghapus elemen menggangu di foto kami, seperti tiang, lampu, hingga photo bomb.

Foto sebelum dan sesudah setelah diedit dengan fitur object eraser (penghapus obyek) bawaan di galeri HP Samsung Galaxy S23 Ultra. Dengan fitur object eraser ini, kami bisa dengan leluasa menghilangkan elemen foto yang mengganggu seperti tiang, lampu, photo bomb, dan lainnya. Hasil object eraser terbilang mulus dan natural.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Foto sebelum dan sesudah setelah diedit dengan fitur object eraser (penghapus obyek) bawaan di galeri HP Samsung Galaxy S23 Ultra. Dengan fitur object eraser ini, kami bisa dengan leluasa menghilangkan elemen foto yang mengganggu seperti tiang, lampu, photo bomb, dan lainnya. Hasil object eraser terbilang mulus dan natural.
Seluruh hasil foto suasana kota hingga bangunan ikonik Sydney, Australia di musim semi bisa disimak melalui galeri foto: Indahnya Opera House, Harbour Bridge, dan Sudut Kota Sydney dalam Bidikan Samsung Galaxy S23 Ultra.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S23 Ultra di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com