Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Rilis Dua Paket Paket Premium Baru, Sudah Tersedia di Indonesia

Kompas.com - 30/10/2023, 09:09 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform mikroblog X (dulu Twitter), merilis dua paket langganan baru. Hal ini diumumkan oleh perusahaan lewat akun X dengan handle @premium.

Kedua paket Twitter itu meliputi langganan Basic dan Premium Plus. Paket ini melengkapi Premium yang sudah ada sebelumnya di X Twitter.

Hadirnya dua paket premium baru X Twitter juga diumumkan oleh Elon Musk. Menurut Musk, paket termurah yaitu paket Basic menawarkan sejumlah fitur premium yang ada di paket Twitter lebih mahal, tetapi masih disertai iklan.

Selain masih diselipi iklan, paket Basic juga tidak dilengkapi verifikasi centang biru atau alat monetisasi bagi kreator.

Sementara paket Premium Plus hadir dengan aneka fitur premium dan tanpa iklan sama sekali. Fitur-fiturnya bisa dibilang paling lengkap dibanding paket lain yang ada di X Twitter.

Paket Basic dibanderol seharga 3 dollar AS (Rp 47.800) per bulan. Dengan harga tersebut, pengguna bisa mendapat fitur edit posting, bisa posting dengan jumlah karakter yang lebih banyak, membatalkan posting, mengunggah video dengan durasi lebih lama, memutar video di background, dan bisa men-download video.

Sementara paket Premium Plus menawarkan fitur yang lebih lengkap, termasuk fitur yang ditawarkan paket Basic di atas, kemudian ditambah tidak ada iklan termasuk di tab "For You" dan "Following", serta kemampuan boost pada balasan (reply) postingan yang lebih besar dibanding paket lainnya.

Harga paket Premium Plus dibanderol 16 dollar AS (Rp 255.000) per bulan.

Baca juga: Resmi, X Twitter Bisa Dipakai Telepon dan Video Call

Selain opsi bulanan, pengguna juga bisa berlangganan paket Basic maupun Premium Plus dengan opsi langganan tahunan. Semua opsi ini bisa dibeli pengguna lewat situs web X Twitter atau aplikasi langsung di ponsel.

Hadirnya dua paket berbayar baru X Twitter sendiri merupakan upaya Elon Musk untuk memonetisasi layanan mikroblog tersebut.

Sebelumnya, X Twitter sudah menyediakan opsi langganan yang disebut paket Premium. Paket ini menawarkan sejumlah fitur, termasuk centang biru, prioritas saat membalas postingan, DM terenkripsi dan lain-lain. Paket Premium ini dibanderol dengan harga Rp 165.000 per bulan.

Nah, dengan hadirnya paket Premium Plus dan Basic, maka total paket langganan yang ditawarkan X Twittter saat ini, adalah tiga paket, meliputi paket Basic, Premium dan Premium Plus.

Sudah tersedia di Indonesia

Pantauan KompasTekno, Senin (30/10/2023), paket Basic (Dasar) dan Premium Plus juga sudah tersedia di Indonesia. Fitur yang ditawarkan kedua paket itu bagi pengguna di Tanah Air, sama seperti fitur yang dijelaskan di atas.

Harga paket Basic (Dasar) X TwitterKompas.com/Lely Maulida Harga paket Basic (Dasar) X Twitter

Adapun harganya, untuk paket Basic dibanderol Rp 33.750 per bulan dan paket Premium Plus Rp 180.000 per bulan. Berikut rincian harga paket langganan X Twitter baik Basic maupun Premium Plus, dihimpun KompasTekno dari situs resmi X Twitter.

Baca juga: X Twitter Mulai Tarik Bayaran Rp 15.000 Setahun untuk Ngetwit

Harga paket Basic dan Premium Plus X Twitter di Indonesia

Harga paket Basic bulanan - Rp 33.750 per bulan
Harga paket Basic tahunan - Rp 357.143 per tahun
Harga paket Premium Plus bulanan - Rp 180.000 per bulan
Harga paket Premium Plus tahunan - Rp 1.875.000 per bulan

Rincian harga dan benefit setiap paketnya bisa Anda simak pada tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com