Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, X Twitter Bisa Dipakai Telepon dan Video Call

Kompas.com - 26/10/2023, 10:18 WIB
Lely Maulida,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Layanan mikroblog X (dulu Twitter) kini dilengkapi dengan fitur baru, yakni fitur telepon dan panggilan video alias video call.

Hadirnya fitur itu ditandai dengan adanya notifikasi dalam aplikasi X. Keterangan pada notifikasi tersebut menyatakan "Panggilan audio dan video ada di sini!".

Kedua fitur itu dirilis secara terbatas ke sejumlah pengguna. Nah, pengguna yang kebagian, akan mendapat notifikasi hadirnya fitur telepon dan panggilan video tadi.

Dirilisnya fitur itu di X Twitter, membuat perusahaan milik Elon Musk tersebut sama seperti media sosial lainnya. Misalnya saja Instagram yang juga menyediakan fitur telepon dan video call.

Di X Twitter, pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa menelepon, apakah hanya orang-orang yang ada di kontak, orang yang diikuti (follow), orang yang sudah terverifikasi atau semuanya. Opsi ini tersedia di menu Pengaturan (Settings) aplikasi.

Notifikasi fitur telepon di aplikasi X TwitterNadeem Sarwar Notifikasi fitur telepon di aplikasi X Twitter

Untuk memulai telepon, pengguna perlu membuka menu Direct Message (DM) terlebih dahulu. Kemudian pilih kontak dan tekan ikon telepon di pojok kanan atas layar. Dari situ, pengguna bisa memilih panggilan suara atau video.

Adapun fitur ini sebenarnya belum diumumkan secara luas oleh perusahaan. Kendati begitu, akun resmi X dengan handle @X sudah mengisyaratkan peluncuran fitur telepon lewat postingannya.

Salah satunya yaitu meme anjing yang terlihat sedang bertelepon. Dalam postingan terbaru, akun itu juga bertanya "siap untuk itu?", seolah menanyakan apakah pengguna siap untuk fitur telepon. Apalagi postingan ini diunggah tepat sebelum fitur telepon muncul di aplikasi, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis (26/10/2023).

Belum diketahui bagaimana ketersediaan fitur telepon dan panggilan video di X Twitter, apakah terbatas untuk pengguna berbayar atau gratis untuk semua pengguna.

Belum jelas pula pengguna mana saja yang kebagian fitur baru X Twitter tersebut. Pantauan KompasTekno Kamis pagi, fitur ini belum tersedia di Indonesia.

Baca juga: Syarat dan Cara agar Kreator Bisa Dapat “Gaji” dari Bagi Hasil Iklan Twitter X

Dibocorkan Elon Musk

Fitur telepon dan panggilan video sudah cukup lama dikembangkan perusahaan. Fitur ini awalnya dibocorkan oleh pemilik X, Elon Musk dalam sebuah postingan di X pada awal September lalu.

Dalam posting tersebut, Elon Musk menyebut fitur voice dan video call di X ini bakal bisa digunakan di seluruh perangkat meliputi iOS, Android, Mac, dan PC.

Fitur voice call dan video call di platform X ini tidak mengandalkan nomor telepon pengguna, seperti di WhatsApp. Jadi, mekanismenya mirip dengan fitur video call dan telepon di Instagram.

Baca juga: X Twitter Mulai Tarik Bayaran Rp 15.000 Setahun untuk Ngetwit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com