Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung One UI 6.0 Versi Stabil Meluncur, Galaxy S23 Kebagian Pertama

Kompas.com - 31/10/2023, 08:07 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Antarmuka Samsung One UI 6.0 yang berbasis Android 14 akhirnya tersedia dalam versi stabil. User interface/UI generasi terbaru ponsel Samsung itu kini sudah bisa di-download. Pengguna Galaxy S23 series kebagian lebih dulu.

Semula, One UI 6.0 tersedia dalam versi beta untuk Samsung S23. Ketersediaannya juga cukup terbatas di sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat dan Jerman. Nah, sekarang pengguna Samsung S23 yang ikut program beta One UI 6.0, kebagian versi stabil.

Ketersediaan One UI 6.0 versi stabil juga meliputi semua model Galaxy S23 series termasuk Galaxy S23 "reguler", Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra.

Seperti update ke OneUI 6.0 sama dengan update sistem operasi secara OTA (over the air) pada umumnya, yaitu lewat menu Pengaturan (Settings) > Pembaruan software > Unduh dan instal.

Baca juga: Samsung Perkenalkan Fitur Video Zoom Anyplace, Buat Galaxy S24 Ultra?

Salah satu negara yang pertama kebagian One UI 6.0 versi stabil yakni Jerman. Di wilayah ini, One UI 6.0 versi stabil hadir dengan firmware S916BXXU3BWJM dan berukuran 350 MB.

Negara lain yang kebagian One UI 6.0 beta juga kemungkinan segera mendapat pembaruan ke versi stabil.

Ke depannya, Samsung juga ditaksir akan merilis pembaruan antarmuka One UI 6.0 versi stabil ke semua pengguna Galaxy S23, meskipun belum mengikuti program beta sebelumnya.

Indonesia belum kebagian

Pantauan KompasTekno hari ini, Senin (31/10/2023), pembaruan One UI 6.0 versi stabil belum tersedia di perangkat Samsung Galaxy S23 Ultra di Indonesia. Pembaruan terakhir pada ponsel kami adalah One UI 5.1.

Belum ada tanda-tanda yang menunjukkan kapan update One UI 6.0 tersedia untuk pengguna Samsung S23 Ultra di Indonesia. Namun biasanya, pembaruan software dilakukan secara bertahap oleh perusahaan di setiap wilayah.

Screenshot tampilan pengaturan software di Samsung Galaxy S23 Ultra yang masih menjalankan antarmuka One UI 5.1Kompas.com/Galuh Putri Riyanto Screenshot tampilan pengaturan software di Samsung Galaxy S23 Ultra yang masih menjalankan antarmuka One UI 5.1

Tim KompasTekno sudah menghubungi pihak Samsung Indonesia terkait jadwal One UI 6 versi stabil untuk pengguna Samsung S23 series di Tanah Air.

Menurut perwakilan Samsung Indonesia, belum dapat dipastikan kapan ketersediaan One UI 6 versi stabil smartphone tersebut.

Sebagai informasi, OneUI 6 sebelumnya dirlis dalam versi beta untuk pengguna lini seri Galaxy S23, meliputi Galaxy S23 "reguler", Galaxy S23 Plus dan Galaxy S23 Ultra di sejumlah negara.

Beberapa negara yang sudah kebagian One UI 6.0 beta adalah Amerika Serikat, Korea Selatan, Jerman, China, India, Polandia dan Inggris, dihimpun KompasTekno dari Android Central.

Karena kebagian program beta, beberapa pengguna Galaxy S23 series di negara tersebut juga bakal kebagian One UI 6 versi stabil lebih awal dibanding wilayah lainnya.

Fitur One UI 6

Sebelum dirilis dalam versi stabil, One UI 6 lebih dulu diluncurkan dalam versi beta pada Agustus lalu. Antarmuka ini didasarkan pada sistem operasi Android 14.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com