Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarak 17 Km dari Sydney Tower Eye Terasa Dekat Berkat Samsung S23 Ultra

Kompas.com - 28/10/2023, 12:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - South by Southwest (SXSW) Sidney digelar pada 15-22 Oktober lalu. Jurnalis Kompas.com Galuh Putri Riyanto berkesempatan meliput secara langsung SXSW Sydney 2023 atas undangan HP Indonesia.

SXSW Sydney adalah ajang festival teknologi, film, dan musik tahunan, yang kali ini pertama digelar di Sydney, New South Wales, Australia.

Ini pertama kalinya kami bertandang ke Sydney. Jadi, segala sesuatu di Sydney terlihat menarik di mata kami. Sejak tiba di bandara internasional Sydney Kingsford Smith, kami langsung mengabadikan segala sesuatu yang kami anggap menarik dengan ponsel Samsung Galaxy S23 Ultra milik kami.

Dari jendela bandara, kami bisa melihat suasana kota Sydney pada pagi hari dari kejauhan. Ketika diperbesar alias di-zoom, kami juga bisa melihat wujud gedung ikonik Sydney Tower Eye.

Ketika kami cek di Google Maps, ternyata jarak dari bandara Sydney Kingsford Smith ke Sydney Tower adalah 17 kilometer (km) dengan waktu tempuh tercepat sekitar 20 menit menggunakan mobil.

Sebelum benar-benar mengeksplor Sydney, kami sudah bisa melihat Menara Sydney dari jarak "dekat".

Kami memotret Sydney Tower Eye dengan kamera ultrawide 12 MP (0,6x), kamera 200 MP (1x), kamera telefoto 10 MP (zoom optis 3x), kamera telefoto 10 MP (zoom optis 10x), zoom digital 30x, dan zoom digital 100x.

Dari hasil foto 10x, kami sudah bisa melihat wujud Menara Sydney setinggi 309 meter, yang sebenarnya berjarak 17 kilometer dari tempat kami berdiri. Dengan zoom digital 30x dan 100x, kami bisa melihat Menara Sydney lebih dekat lagi, meski hasilnya sudah pasti tidak sebaik zoom optis 10x.

Membidik Sydney Tower Eye dari bandara Sydney Kingsford Smith yang jaraknya 17 km. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Membidik Sydney Tower Eye dari bandara Sydney Kingsford Smith yang jaraknya 17 km.
Membidik Sydney Tower Eye dari bandara Sydney Kingsford Smith yang jaraknya 17 km. Dari hasil foto 10x, kami sudah bisa melihat wujud Menara Sydney setinggi 309 meter itu. Dengan zoom digital 30x dan 100x, kami bisa melihat Menara Sydney lebih dekat lagi, meski hasilnya sudah pasti tidak sebaik zoom optis 10x.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Membidik Sydney Tower Eye dari bandara Sydney Kingsford Smith yang jaraknya 17 km. Dari hasil foto 10x, kami sudah bisa melihat wujud Menara Sydney setinggi 309 meter itu. Dengan zoom digital 30x dan 100x, kami bisa melihat Menara Sydney lebih dekat lagi, meski hasilnya sudah pasti tidak sebaik zoom optis 10x.
Ketika sudah berada di tengah-tengah kota, kami semakin bisa melihat Sydney Tower Eye dengan lebih dekat dan lebih jelas dengan zoom Samsung S23 Ultra.

Foto di bawah ini kami ambil dari area pelabuhan Darling Harbour yang jaraknya ke Sydney Tower sekitar 2,5 km. Hasil foto Menara Sydney terlihat bagus, tajam, dan tak pecah, meski di-zoom hingga 10x.

Baca juga: Bikin Video Liburan Sinematik Pakai Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, Ini 5 Tipnya

Hasil foto Sydney Tower Eye yang diambil dari area pelabuhan Darling Harbour.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto Sydney Tower Eye yang diambil dari area pelabuhan Darling Harbour.
Selama di Sydney kami juga senang menggunakan zoom Samsung S23 Ultra untuk memotret bangunan ikonik di Sydney lainnya, seperti jembatan Harbour Bridge.

Kami memotret Harbour Bridge dari area sekitar Opera Quay dan dermaha Circular Quay. Berkat zoom Galaxy S23 Ultra, kami bisa melihat detail rangka bangunan Harbour Bridge dari jarak yang cukup jauh.

Kami juga sempat menangkap momen orang-orang yang sedang menaikkan bendera di sisi paling atas Harbour Bridge ketika cuaca sedang mendung.

Kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x Galaxy S23 Ultra mampu menangkap detail kontruksi jembatan Harbour Bridge.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x Galaxy S23 Ultra mampu menangkap detail kontruksi jembatan Harbour Bridge.
Membidik Harbour Bridge Sydney dengan Samsung S23 Ultra.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Membidik Harbour Bridge Sydney dengan Samsung S23 Ultra.
Berkat zoom Galaxy S23 Ultra, kami bisa melihat detail rangka bangunan Harbour Bridge dari jarak yang cukup jauh. Kami juga menangkap momen orang-orang yang sedang menaikkan bendera di sisi paling atas Harbour Bridge.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Berkat zoom Galaxy S23 Ultra, kami bisa melihat detail rangka bangunan Harbour Bridge dari jarak yang cukup jauh. Kami juga menangkap momen orang-orang yang sedang menaikkan bendera di sisi paling atas Harbour Bridge.
Kami juga bisa memotret Sydney Opera House yang menyajikan keindahan Samudra Pasifik. Dengan Samsung S23 Ultra, kami bisa mendapatkan foto dengan langit yang biru serta beberapa deatil lain seperti awan, pola bangunan, hingga ombak lautan.

Hasil foto Sydney Opera House menggunakan kamera telefoto 10 MP zoom optis 3x (kiri) dan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x (kanan). Dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra mampu menangkap obyek foto dengan detail dan tajam.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil foto Sydney Opera House menggunakan kamera telefoto 10 MP zoom optis 3x (kiri) dan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x (kanan). Dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra mampu menangkap obyek foto dengan detail dan tajam.
Salah satu keuntungan menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra yang punya fitur zoom 3x, 10x, hingga 100x, kami bisa memotret burung camar khas Sydney tanpa perlu mendekatinya. Dari jarak jauh, kami bisa memotret camar yang sedang bertengger di tiang dermaha Circular Quay. Hasil fotonya juga bagus dan tajam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com