Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO BlackBerry John Chen Mengundurkan Diri

Kompas.com - 31/10/2023, 09:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - CEO BlackBerryJohn Chen, mengundurkan diri dari jabatan pada Senin (30/10/2023). Ia mundur dari jabatan CEO karena akan memasuki masa pensiun.

John Chen akan memasuki masa pensiun pada 4 November 2023. Oleh karena itu, perannya digantikan oleh orang lain, jelang masa pensiunnya.

Di BlackBerry, John Chen bisa dibilang sosok yang penting. Ia memimpin perusahaan tersebut selama 10 tahun setelah bergabung pada November 2013.

Ia juga menjadi salah satu eksekutif yang membuat BlackBerry berubah dari perusahaan hardware menjadi perusahaan yang fokus ke software enterprise.

Dulu, BlackBerry dikenal dengan ponsel pintar yang menunjang aktivitas bisnis. Ponsel ini dilengkapi dengan keyboard fisik yang cukup lengkap seperti komputer.

Namun, sejak Apple meluncurkan iPhone pada tahun 2007, ditambah dengan pesatnya adopsi smartphone berbasis Android, popularitas ponsel BlackBerry melorot.

BlackBerry kemudian mengalihkan fokusnya ke keamanan siber, software dalam mobil, hingga Internet of Things (IoT), dihimpun KompasTekno dari Reuters, Selasa (31/10/2023).

John Chen merupakan orang yang berperan penting dalam perubahan arah bisnis Blackberry ini.

Saat ditunjuk pada November 2013, John Chen bertanggung jawab memimpin perubahan arah bisnis BlackBerry dan menstabilkan posisi keuangan perusahaan.

Mengutip halaman resmi Blog Blackberry, ia juga mendapat amanat penting, yaitu memastikan kelangsungan Blackberry dengan mengalihkan operasinya dari perangkat keras konsumen ke perangkat lunak perusahaan.

Baca juga: Pernah Berjaya, BlackBerry Kenapa Tumbang?

John Che mendapat gelar sarjana teknik elektro dengan predikat magna cum laude di Brown University. Ia kemudian mendapat gelar master teknik elektro dari California Institute of Technology (Caltech).

John Chen juga mendapat gelar profesor kehormatan dari Universitas Shanghai, dan gelar doktor kehormatan dari Universitas Negeri San Jose, Universitas Kota Hong Kong, dan Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong.

John telah menerima penghargaan dari US-Asia Institute, US-China Policy Foundation, California-Asia Business Council, dan US-Pan Asian American Chamber of Commerce Education Foundation.

John menjabat sebagai Dewan Direksi The Walt Disney Company (2004-2019) dan Wells Fargo & Co. (2006-2018) dan sebagai wali Caltech (2008-2022). John adalah anggota Dewan Penasihat US Chamber China Center.

Ia juga aktif dalam komunitas nirlaba, dan merupakan anggota dewan Komite Nasional Hubungan AS-Tiongkok, anggota CFR, wali nasional The First Tee dan Gubernur San Francisco Symphony.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com