Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition Resmi di Indonesia, Punya Layar Bebas Pantulan Cahaya

Kompas.com - 01/11/2023, 19:20 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei meluncurkan tablet terbarunya, MatePad 11 PaperMatte Edition, di Indonesia pada Rabu (1/11/2023). Tablet ini mengunggulkan sektor layar sebagai nilai jual utama.

Tablet Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition dibekali layar anti-glare alias bebas pantulan cahaya atau refleksi. Tujuannya agar saat digunakan di bawah cahaya lampu atau di luar ruangan, layar tablet ini masih dapat terlihat dengan jelas.

“Peluncuran Huawei Matepad 11 PaperMatte Edition diharapkan dapat menjawab tantangan industri tablet di Tanah Air dengan memberi kenyamanan mata para pengguna dalam mendukung produktivitas,” jelas Country Head of Huawei Device Indonesia, Patrick Ru, dalam keterangan yang diterima KompasTekno, Rabu (1/11/2023).

Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition juga mengantongi tiga sertifikasi dari TÜV Rheinland, yakni Reflection-free, Low Blue Light, dan Flicker-Free.

Menurut Global Vice President TÜV Rheinland Business Field Electrical, Frank Holzmann, keunggulan ini menjadikan Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition sebagai tablet pertama yang mampu memiliki layar bebas pantulan lewat teknologi AG+AR Surface Treatment.

Perbandingan layar Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition yang sudah bebas pantulan cahayaHuawei Perbandingan layar Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition yang sudah bebas pantulan cahaya
“Dengan layar bebas pantulan, produk ini mampu mengatasi masalah pantulan yang disebabkan oleh cahaya sekitar berlebihan yang mengganggu pengguna dan mengakibatkan kelelahan mata,” jelas Frank, dalam keterangan yang sama.

Selain bebas pantulan, layar tablet Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition juga menawarkan pengalaman menulis layaknya di kertas dengan teknologi Nanoscale Texture.

Dengan teknologi ini, pengguna bisa merasakan sensasi layaknya menulis, menggambar menggunakan pen digital (stylus), atau membolak-balikkan halaman e-book (buku digital) layaknya kertas.

Baca juga: Huawei Nova 11 SE Meluncur dengan Kamera 108 MP

Ilustrasi Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition saat digunakan untuk menulis menggunakan pen digital di luar ruanganHuawei Ilustrasi Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition saat digunakan untuk menulis menggunakan pen digital di luar ruangan

Spesifikasi Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition

Bicara soal spesifikasi, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition dibekali layar IPS LCD 11 inci. Layar memiliki resolusi 2.560 x 1.600 piksel, kerapatan layar 275 PPI, rasio screen-to-body 86 persen, dan refresh rate 120 Hz.

Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition memiliki satu kamera depan dengan resolusi 8 MP (f/2.0). Kamera depan ini diletakkan di bezel bagian kanan (tablet dalam posisi vertikal), atau posisi atas ketika tablet dalam posisi horizontal. Sehingga, posisi kamera depan ini mirip dengan sebuah webcam di perangkat laptop.

Sementara di bagian belakang terdapat satu kamera beresolusi 13 MP (f/1.8) dan ditemani satu lampu LED.

Nah, di sektor dapur pacu, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 870. Chipset ini berbeda dengan yang digunakan di Huawei MatePad 11 2023, yaitu Snapdragon 865.

Chipset Snapdragon 870 tersebut ditemani RAM 8 GB dan storage (penyimpanan) seluas 128 GB.

Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition menjalankan sistem operasi HarmonyOS 3.1, bukan Android bikinan Google.

Karena tak pakai OS Android, Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition tidak dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com