Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G, Tablet 11 Inci Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 31/10/2023, 11:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Samsung rajin menelurkan produk tablet baru. Duo tablet teranyarnya, Galaxy Tab A9 dan Galaxy Tab A9 Plus, baru saja resmi meluncur di Indonesia.

Dari keduanya, Galaxy Tab A9 Plus adalah model yang lebih canggih dengan fitur lebih lengkap. Perangkat dengan layar berdiagonal 11 inci ini tersedia dalam dua versi, yakni WiFi dan WiFi + 5G.

Perbedaannya tentu saja terletak pada ketersediaan konektivitas seluler di Galaxy Tab A9 Plus versi 5G, di samping beberapa aspek spesifikasi lain seperti konfigurasi memori.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab A9 dan A9 Plus Resmi di Indonesia, Harga mulai Rp 2 Jutaan

KompasTekno mendapat sample unit ritel Galaxy Tab A9 Plus 5G. Perangkat tablet dengan banderol relatif terjangkau ini ternyata dibekali sejumlah fitur menarik, seperti 4 speaker stereo dan konektor khusus keyboard.

Unboxing Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G

Kompartemen aksesori di dalam kemasan Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Kompartemen aksesori di dalam kemasan Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G

Galaxy Tab A9 Plus 5G datang dalam boks kemasan berdesain simple dengan warna dasar putih. Di bagian depan terdapat ilustrasi gambar tablet yang bersangkutan, berikut nama "Galaxy Tab A9 Plus 5G".

Di dalamnya, unit tablet dilapis bungkus pelindung berbahan kain. Galaxy Tab A9 Plus 5G yang diterima KompasTekno merupakan varian warna Navy alias biru gelap.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Tab S9 Ultra, Tablet Serba Ada dan Layak Jadi Pengganti Laptop

Di bawah tablet, terdapat kompartemen kecil yang memuat aksesori pelengkap. Namun, isinya cenderung minimalis seperti halnya produk-produl ponsel dari Samsung belakangan ini.

Untungnya Samsung masih menyertakan kabel berjenis USB C ke USB C. Tidak ada charger, tapi Samsung menawarkan bonus travel adapter 25 watt untuk pembelian Galaxy Tab A9 Plus antara 27 Oktober hingga 5 November 2023.

Aksesori lain di luar kabel mencakup SIM card ejector tool dan sebuah booklet quick start guide.

Aksesori di kemasan Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G terdiri dari kabel USB C ke USB C, SIM card ejector tool, dan booklet quick start guideKOMPAS.com/ OIK YUSUF Aksesori di kemasan Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G terdiri dari kabel USB C ke USB C, SIM card ejector tool, dan booklet quick start guide

Hands-on Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G

Ukuran Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G termasuk standar untuk sebuah tablet. Layarnya menggunakan panel TFT LCD berdiagonal 11 inci (1.920 x 1.200 piksel, 90 Hz).

Bingkai alias bezel yang mengelilingi layar masih terlihat agak tebal, tapi relatif tidak mengganggu pandangan ketika tablet digunakan.

Bodi Samsung Galaxy Tab A9 Plus terbilang ramping dengan ketebalan kurang dari 7 mm. Bobotnya juga masih kurang dari 500 gram, lebih ringan dari tablet Samsung lain dengan ukuran sebanding seperti Galaxy Tab S9 FE.

Layar Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G menggunakan panel TFT LCD berdiagonal 11 inci (1.920 x 1.200 piksel, 90 Hz) 
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Layar Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G menggunakan panel TFT LCD berdiagonal 11 inci (1.920 x 1.200 piksel, 90 Hz)

Bagian belakang Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G warna NavyKOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian belakang Samsung Galaxy Tab A9 Plus 5G warna Navy

Baca juga: Samsung Galaxy Tab S9 FE dan Tab S9 FE Plus Bisa Dibeli Hari Ini di Indonesia

Unit Galaxy Tab A9 Plus di tangan KompasTekno merupakan varian warna Navy alias biru gelap. Bagian punggungnya memiliki finishing matte yang terasa halus sekaligus sedikit licin di tangan.

Sayangnya, punggung tablet ini mudah ternoda sidik jari sehingga mudah kelihatan dekil, kecuali pengguna memasang aksesori cover atau keyboard.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com