Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Admin WhatsApp Channel Bakal Bisa Kirim Stiker dan Pesan Suara

Kompas.com - 26/10/2023, 12:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp terus memperbarui fitur berbagi informasi satu arah alias Saluran (Channel) supaya bisa dipakai dan dinikmati dengan baik oleh para pengelola (admin) dan penggunanya.

Ke depannya, para admin Channel di WhatsApp akan bisa mengirimkan stiker dan pesan suara (voice message), sama seperti di percakapan WhatsApp biasa. Sehingga, pembagian informasi di Channel agaknya akan lebih "cair" dan luwes.

Sebelumnya, seorang admin Channel hanya bisa mengirimkan teks, gambar, video, dan gambar bergerak (GIF) kepada para pengguna atau pengikut Channel tersebut.

Nah, kehadiran fitur kirim stiker dan voice note di WhatsApp diumbar oleh pembocor ulung yang biasa membagikan fitur teranyar aplikasi perpesanan tersebut, WABetaInfo.

Baca juga: Cara Mengembalikan Tampilan Status WA seperti Semula Setelah Ada Saluran

Dalam sebuah postingan terbaru, mereka menyebut bahwa fitur ini hadir di WhatsApp Beta untuk Android dengan versi 2.23.23.2. Tidak disebutkan apakah WhatsApp iOS dengan versi tersebut kebagian fitur ini atau tidak.

Selain fitur kirim stiker dan voice message, WhatsApp Channel juga akan kebagian fitur Reaction Filtering.

Ilustrasi fitur baru di WhatsApp Channel mencakup fitur kirim stiker dan pesan suara (kiri), reaction filtering (tengah), dan fitur tambah admin (kanan).WABetaInfo Ilustrasi fitur baru di WhatsApp Channel mencakup fitur kirim stiker dan pesan suara (kiri), reaction filtering (tengah), dan fitur tambah admin (kanan).

Dengan Reaction Filtering, para admin Channel di WhatsApp akan bisa melihat siapa saja teman mereka di daftar kontak WhatsApp yang memberikan emotikon reaksi kepada informasi yang telah mereka bagikan, sesuai dengan jenis reaksinya.

Baca juga: WhatsApp Kini Punya Fitur Channel, Ini Fungsinya

Sebelumnya, admin hanya bisa melihat jumlah Reactions di dalam informasi yang dibagikan di Channel, dan ini tidak disertai dengan informasi partisipan yang memberikan Reactions tersebut.

Ada pula fitur baru di WhatsApp Channel yang memungkinkan seorang admin menambah partisipan menjadi admin baru di Channel tersebut. Dengan begitu, Channel akan lebih mudah dipantau dan dikelola.

Untuk ketersediaan, WABetaInfo menyebut fitur kirim stiker dan pesan suara di Channel kini tengah dalam pengembangan di WhatsApp versi 2.23.23.2, fitur Reaction Filtering di WhatsApp 2.23.23.3, dan fitur tambah admin di WhatsApp 2.23.23.7

WABetaInfo juga menyebut bahwa seluruh fitur ini nantinya akan disebar ke seluruh pengguna WhatsApp apabila sudah selesai dikembangkan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (26/10/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com