Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Pesan Suara Rahasia

Kompas.com - Diperbarui 30/10/2023, 08:28 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp menyiapkan fitur baru untuk pengguna. Fitur yang kini sedang dikembangkan adalah pesan suara alias voice note rahasia yang bisa terhapus sendiri secara otomatis.

Fitur itu ditujukan untuk menjaga privasi pengguna. Karena mengedepankan privasi, pesan itu juga hanya bisa didengarkan satu kali. Setelah diputar, pesan suara akan terhapus.

Konsep ini sama seperti pesan sekali lihat (View Once) di WhatsApp. Selama ini, fitur pesan sekali lihat bisa dipakai untuk pesan media, termasuk foto dan video.

Nah, sekarang WhatsApp memperluas dukungan fitur sekali lihat untuk pesan suara.

Selain hanya bisa didengarkan sekali saja, pesan suara dalam mode "sekali lihat" juga tidak bisa disimpan, tidak bisa diteruskan (forward) atau diekspor.

Menurut tangkapan gambar (screenshot) yang dibagikan situs WABetaInfo, pesan suara yang dikirimkan dalam mode sekali lihat, tampil dengan ikon lingkaran disertai angka "1" di tengahnya.

Baca juga: WhatsApp Multi-Akun Sudah Bisa di Indonesia, 1 HP Bisa Pakai 2 Nomor WA

Fitur pesan suara WhatsApp yang dikirimkan dalam mode sekali lihat/view onceWABetaInfo Fitur pesan suara WhatsApp yang dikirimkan dalam mode sekali lihat/view once
Ikon itu juga muncul ketika pengguna mengirimkan foto atau video dalam mode sekali lihat.

Ketika pengguna mengirimkan pesan suara dalam mode sekali lihat, WhatsApp juga akan menampilkan keterangan guna memastikan bahwa pengguna menyadari pesan yang akan ia kirim, adalah pesan yang akan terhapus otomatis.

Mode ini dinilai efektif meminimalisasi kemungkinan akses ilegal, atau pesan diputar ulang di kemudian hari. Apalagi bila pesan suara yang dikirimkan memuat informasi atau data rahasia.

Fitur pesan suara dengan mode sekali lihat ini baru digulirkan ke sejumlah pengguna beta baik Android lewat Play Store maupun iOS lewat aplikasi TestFlight.

Di Android, fitur pesan suara yang terhapus otomatis tersedia di WhatsApp beta versi 2.23.22.4. Sementara itu di iOS, tersedia dalam versi 23.21.1.73.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Jumat (27/10/2023), fitur itu juga akan diperluas ketersediannya ke lebih banyak pengguna dalam beberapa hari mendatang.

Baca juga: Daftar HP Android yang Tak Bisa Pakai WhatsApp Lagi Hari Ini

Tidak bisa di screenshot

Fitur pesan sekali lihat sudah tersedia di WhatsApp sejak Juni 2021. Fitur View Once ini memungkinkan penerima pesan melihat foto atau video sekali saja.

Awalnya, pengguna masih dimungkinkan untuk screenshot pesan sekali lihat tersebut. Jadi, memberikan alternatif untuk meneruskan pesan.

Agar lebih menjaga privasi pengguna, WhatsApp kemudian mengunci pesan sekali lihat dengan memblokir akses screenshot pesan tadi pada Agustus 2022.

Pihak WhatsApp saat itu mengatakan, pesan yang dikirim melalui fitur sekali lihat, secara otomatis akan dilindungi dari upaya tangkapan layar. Sehingga pengguna dapat berbagi pesan sensitif dengan lebih nyaman.

Jadi, ketika pengguna membuka foto/video View Once lalu mencoba mengambil screenshot, layar bakal menampilkan notifikasi berbunyi "Tangkapan layar diblokir untuk privasi tambahan". Dengan begitu, konten tidak bisa didokumentasikan dengan screenshot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com