Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skor Benchmark Chip Apple M3 Max Muncul di Geekbench, Setara M2 Ultra

Kompas.com - 02/11/2023, 17:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Belum lama ini, hasil pengujian performa hardware (benchmark) chip terbaru Apple M3 "reguler" beredar di dunia maya. Kini, giliran hasil benchmark chip yang paling mumpuni dari M3 Series, yaitu M3 Max yang terungkap.

Berdasarkan laman Geekbench 6, chip Apple M3 Max, yang mentenagai MacBook Pro 16 inci, memiliki skor performa single core yang berkisar di angka 2.900 poin. Lalu untuk performa multi core skornya berkisar di angka 21.000 poin. 

Skor performa ini sedikit melampaui chip desktop Apple yang paling mumpuni sebelum M3 Series, yaitu M2 Ultra yang mentenagai komputer workstation portabel Mac Studio 2023.

Baca juga: Hasil Benchmark Chip Apple M3 Muncul di Geekbench, Skornya Sesuai Klaim

Sebab di laman Geekbench, chip ini memiliki skor performa 2.800 poin untuk kinerja single core.

Meski demikian, performa multi core dari M2 Ultra terpantau tak berbeda alias setara dengan M3 Max, yaitu dengan skor kinerja multi core 21.000 poin.

Nah, jika skor performa Geekbench dengan M2 Ultra saja setara, maka skor benchmark M3 Max akan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan pendahulunya M2 Max.

Ilustrasi hasil benchmark chip Apple M3 Max di Geekbench 6Geekbench Ilustrasi hasil benchmark chip Apple M3 Max di Geekbench 6

Di Geekbench 6, performa single core M2 Max berkisar di angka 2.700 poin, sedangkan performa multi core-nya jauh dari M3 Max, yaitu berada di kisaran angka 14.800 poin.

Hasil performa ini agaknya membuktikan klaim Apple bahwa M3 Max memiliki performa 50 persen lebih cepat dibanding M2 Max.

Baca juga: Skor Benchmark iPhone 15 Pro Max Kalah dari HP Android Ini

Selain chip M2 Max, skor benchmark M3 Max ini juga menekankan bahwa chip tersebut memang lebih cepat dari M3 model biasa, terutama untuk kinerja multi core

Seperti diwartakan sebelumnya, pada laman Geekbench 6, chip Apple M3 memiliki skor performa multi core yang mentok di kisaran 11.000 poin saja, jauh dari M3 Max yang tembus 20.000 poin.

Namun untuk performa single core, skornya kira-kira sama dengan kinerja M3 Max, yaitu berkisar di angka 2.900 poin.

Skor performa M3 Max yang lebih tinggi dari M3 ini terbilang wajar. Sebab, M3 Max memiliki jumlah inti prosesor (CPU) lebih banyak mencapai 16-core, versus M3 dengan 8-core, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Kamis (2/11/2023).

Nah, dengan adanya hasil benchmark M3 dan M3 Max ini, maka tinggal skor benchmark chip Apple M3 Pro yang belum muncul ke publik. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com