Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesumbar Qualcomm Snapdragon X Elite yang "Dibungkam" Apple M3

Kompas.com - Diperbarui 02/11/2023, 09:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber VideoCardz

KOMPAS.com - Ada dua seri produk system-on-chip berbasis ARM dari dua pabrikan berbeda yang diumumkan dalam waktu berdekatan, yakni Snapdragon X Elite dari Qualcomm dan M3 dari Apple.

Keduanya sejenis karena sama-sama ditujukan sebagai "otak" di perangkat komputer, bukan gadget. Snapdragon X Elite untuk laptop Windows (versi ARM) sementara Apple M3 yang terdiri dari tiga model dipakai di laptop MacBook dan desktop Mac.

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Elite, Chip 12 Core untuk Laptop

Snapdragon X Elite diumumkan beberapa hari lebih awal dalam acara Snapdragon Summit 2023 di Hawaii, AS. Qualcomm mendemonstrasikan kebolehan Snapdragon X lewat dua laptop reference design yang memiliki TDP 80 watt dan 23 watt.

TDP alias thermal design power di sini mengacu pada daya maksimal yang diberikan untuk chip (Snapdragon X Elite). Semakin besar angkanya, semakin tinggi juga kinerja yang dihasilkan, tapi panas ikut meningkat dan baterai menjadi lebih boros.

Dua laptop reference design yang dijadikan basis perbandingan Snapdragon X Elite melawan sejumlah chip komputer lain dalam rangkaian benchmark yang dirilis QualcommQualcomm Dua laptop reference design yang dijadikan basis perbandingan Snapdragon X Elite melawan sejumlah chip komputer lain dalam rangkaian benchmark yang dirilis Qualcomm

Qualcomm mengatakan bahwa para rekanan pabrikan komputer nantinya bisa menentukan sendiri berapa TDP yang akan diterapkan untuk Snapdragon X Elie di produk laptop masing-masing, agar menghasilkan keseimbangan daya dan performa yang dikehendaki.

Snapdragon X Elite diklaim kalahkan Intel Core i7, Ryzen, Apple M2

Belakangan, Qualcomm merilis hasil uji Snapdragon X Elite di dua laptop reference tersebut dalam sejumlah benchmark yang bersifat cross platfrom lantaran perbedaan arsitektur Qualcomm dan Apple (ARM, Windows dan Mac OS) serta Intel dan AMD (x86, Windows).

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 3 Resmi, Andalkan Kemampuan Generative AI

Beberapa produk kompetitor disertakan sebagai pembanding, termasuk chip Intel Core i7-13800H, AMD Ryzen 9 7940HX, dan Apple M2.

Skor benchmark Snapdragon X Elite dalam slide presentasi yang dibagikan Qualcomm tampak meyakinkan. Dalam uji multi core di Geekbench 6.2, misalnya, kinerja CPU Snapdragon X Elite (unit TDP 80 watt) melewati Core i7-13800H, serta jauh di atas M2.

Kinerja CPU Snapdragon X Elite dalam benchmark Geekbench 6.2 (multi core) yang dirilis Qualcomm lebih tinggi dibandingkan prosesor Intel, AMD, dan Apple Qualcomm Kinerja CPU Snapdragon X Elite dalam benchmark Geekbench 6.2 (multi core) yang dirilis Qualcomm lebih tinggi dibandingkan prosesor Intel, AMD, dan Apple

Kinerja GPU Adreno di Snapdragon X Elite (unit TDP 80 watt) saat menjalankan 3DMark Wild Life Extreme dengan capaian 44,5 fps juga lebih tinggi dari Apple M2 yang mencatat 40,8 fps dalam benchmark yang dirilis Qualcomm.

Perbedaan TDP antara dua laptop reference Snapdragon X Elite berujung pada clock speed maksimal yang berbeda pula, yakni 3,8 GHz/ 4,3 GHz (all-core/ 2 core) untuk unit dengan TDP 80 watt dan 3,4 GHz/ 4 GHz untuk unit 23 watt. Keduanya memakai RAM LPDDR5X 8533.

Kinerja GPU Snapdragon X Elite di Snapdragon X Elite terlihat melebihi Apple M2, dalam hasil 3D Mark Wild Life Extreme yang dirilis QualcommQualcomm Kinerja GPU Snapdragon X Elite di Snapdragon X Elite terlihat melebihi Apple M2, dalam hasil 3D Mark Wild Life Extreme yang dirilis Qualcomm

Pengujian terpisah oleh situs XDA Developers menggunakan kedua unit laptop reference mengonfirmasi bahwa kinerja Snapdragon X Elite memang tinggi di dalam aplikasi-aplikasi benchmark cross platform seperti yang digunakan Qualcomm.

Baca juga: Chip Dimensity 9300 Tinggal Meluncur, Snapdragon 8 Gen 3 Kalah Kencang?

Dalam Geekbench 6.2, Cinebench 2024, maupun Wild Life Extreme, kinerja Snapdragon X Elite di kedua laptop sanggup menekuk, atau paling tidak memepet, chip M2 di MacBook Air.

Namun, kinerja oleh grafisnya ternyata masih kalah jauh dibanding discrete GPU, seperti Nvidia GeForce RTX 4060 di Microsoft Surface Laptop Studio 2 yang mencatat 102,15 fps di Wild Life Extreme atau lebih dari dua kali skor Snapdragon X Elite.

Hanya ada satu Snapdragon

Meskipun performa dan konsumsi dayanya bisa diatur, Qualcomm baru memiliki satu model (SKU) saja di lini chip PC besutannya, yaitu Snapdragon X Elite.

System-on-chip yang dibuat dengan proses fabrikasi 4 nm ini memiliki 12 core CPU Oryon, berikut GPU Adreno terbaru dari Qualcomm yang memiliki daya komputasi 4,6 TFLOPS serta turut mendukung API DirectX 12 Ultimate dan ray tracing.

Para pabrikan prosesor PC seperti Intel dan AMD biasanya menawarkan banyak pilihan SKU, masing-masing dengan konfigurasi berbeda seperti jumlah core CPU dan GPU yang dimiliki, hingga clock speed.

Baca juga: Bocoran Kinerja Snapdragon 8 Gen 3 Vs Apple A17 Pro, Mana yang Lebih Kencang?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com