Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara agar Foto WhatsApp Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri HP

Kompas.com - 04/11/2023, 10:37 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya bakal butuh untuk mengetahui cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP (handphone). Cara ini dibutuhkan terutama untuk mencegah memori penyimpanan HP cepat penuh akibat data di WhatsApp.

Perlu diketahui, WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan file media seperti foto terunduh secara otomatis dan disimpan di galeri HP. Jika pengunduhan WhatsApp itu dibiarkan berjalan otomatis terus, memori penyimpanan HP bakal cepat penuh.

Baca juga: 4 Cara Setting Penyimpanan WhatsApp biar Tak Bikin Memori HP Penuh

Pengunduhan foto secara otomatis yang langsung disimpan di galeri HP dan berujung membuat memori penuh itu bisa cukup menyebalkan. Sebab, tak semua foto yang dikirim di WhatsApp itu penting untuk disimpan.

Oleh karena itu, supaya memori tak cepat penuh, pengguna akhirnya perlu untuk mengetahui cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP. Lantas, bagaimana cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP.

Cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP

Cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP itu pada dasarnya cukup mudah dilakukan. Pengguna sejatinya tinggal membuka menu pengaturan atau “Settings” di aplikasi WhatsApp.

Meski mudah, cara ini bakal sedikit berbeda antara di aplikasi WhatsApp untuk HP Android dengan di aplikasi WhatsApp iPhone. Adapun penjelasan kedua cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP itu adalah sebagai berikut.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Penyimpanan WhatsApp Penuh padahal Sudah Dihapus

1. Cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP Android

  • Di halaman awal aplikasi WhatsApp HP Android, klik ikon titik tiga dan pilih menu “Setelan”.
  • Kemudian, pilih opsi “Penyimpanan dan Data”.
  • Di opsi tersebut, pengguna bakal disajikan pengaturan pengunduhan file media di WhatsApp yang terdapat pada kolom “Unduh otomatis media”.
    Cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP Android.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP Android.
  • Di kolom “Unduh otomatis media”, terdapat tiga opsi pengaturan pengunduhan otomatis WhatsApp lewat berbagai jaringan, yakni pengunduhan otomatis “Saat menggunakan data seluler”, “Saat terhubung ke WiFi”, dan “Saat roaming”.
  • Pada tiap opsi tersebut, terdapat empat jenis file media yang dapat diunduh secara otomatis di WhatsApp, yakni file foto, audio, video, dan dokumen.
  • Agar foto dan media lainnya yang dikirim di WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP Android, pengguna bisa menghapus tanda centang pada semua jenis file media dalam setiap opsi pengunduhan otomatis lewat berbagai jaringan.
  • Jika sudah menghapus seluruh tanda centang dari seluruh menu yang ada di kolom "Unduh otomatis media", silakan klik tombol "OK".
  • Setelah menghapus tanda centang di tiap kotak tadi, seluruh media termasuk foto yang dikirim di WhatsApp tidak akan tersimpan otomatis di galeri HP pengguna.

Cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP Android.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP Android.

2. Cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri iPhone

  • Di halaman awal aplikasi WhatsApp iPhone, klik menu “Settings”.
  • Kemudian, pilih opsi “Chats”.
  • Selanjutnya, matikan opsi “Save to Camera Roll”.
  • Setelah opsi tersebut dimatikan, file media seperti foto yang dikirim di WhatsApp tidak akan tersimpan otomatis di galeri iPhone.

Ilustrasi cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri iPhone.

Cukup mudah bukan cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri iPhone? Dengan cara di atas, pengguna tak bakal lagi menyimpan secara otomatis foto-foto di WhatsApp yang kurang penting pada galeri HP.

Alhasil, pengguna dapat mencegah memori penyimpanan HP cepat penuh akibat foto di WhatsApp terunduh dan tersimpan otomatis di galeri.

Baca juga: Cara Membersihkan Penyimpanan WhatsApp agar Memori HP Tak Penuh

Demikianlah penjelasan mengenai cara agar foto WhatsApp tidak tersimpan otomatis di galeri HP dengan mudah, baik untuk HP Android maupun iPhone, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com