Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Review Game "Marvel's Spider-Man 2", dari Kritik hingga Skor Sempurna

Kompas.com - 06/11/2023, 16:16 WIB
Oik Yusuf,
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy

Tim Redaksi

Sumber OpenCritic

KOMPAS.com - Game Marvel's Spider-Man 2 yang meluncur secara eksklusif di konsol PlayStation 5 (PS5) pada Oktober 2023 lalu, telah mendapatkan ulasan (review) positif dari berbagai media game.

Di situs OpenCritic yang merangkum ulasan game dari sejumlah media game kenamaan, Spider-Man 2 tercatat mendulang skor 91 poin dari 143 ulasan. Sebanyak 98 persen kritikus merekomendasikan pengguna untuk memainkan game superhero ini.

Dengan skor seperti itu, Marvel's Spider-Man 2 menjadi game ketujuh terbaik pada tahun 2023 versi OpenCritic, di bawah Baldur's Gate 3, The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom, Videoverse, Resident Evil 4 Remake, Street Fighter 6, dan Super Mario Bros. Wonder.

Salah satu media game bernama GamesRadar+ memberikan skor yang sempurna (5/5) untuk Marvel's Spider-Man 2. Menurut Joe Donnelly selaku pengulas, Spider-Man 2 merupakan game superhero terbaik dalam sejarah.

Baca juga: Pecah Rekor, Marvels Spider-Man 2 Terjual 2,5 Juta Kopi Sehari

Hal ini dikarenakan oleh mekanisme pertarungan karakter Peter Parker dan Miles Morales melawan musuh serta boss, yang disebut menjadi standar baru untuk game superhero dan bahkan game berbujet tinggi (triple-A/AAA) pada umumnya.

Adapun Peter dan Miles memiliki kemampuan (skill) yang berbeda sehingga cara mainnya juga berbeda.

Peter mempunyai kostum Symbiote Suit yang membuatnya bisa mengeluarkan tentakel hitam seperti Venom, sedangkan Miles dibekali kemampuan listrik Venom Blast untuk menumpas musuh.

Kemudian, Marvel's Spider-Man 2 juga memiliki peta (map) yang makin luas, diiringi dengan grafis berkualitas tinggi. Terkait peta, pengguna kini tidak hanya menelusuri Manhattan saja tetapi juga Brooklyn, Queens, dan Coney Island.

Untuk menelusuri berbagai tempat ini, Insomniac Games selaku developer mengimplementasi gadget baru berupa "Web Wing", yang memungkinkan Peter dan Miles untuk terbang di udara, ketimbang berayun menggunakan jaring dari satu gedung ke gedung berikutnya.

Dikritik karena konsistensi dan mekanisme stealth

Meskipun memberikan skor sempurna, terdapat satu kritik yang dilayangkan GamesRadar+. Pasalnya, bagian pertama dan kedua dari misi cerita game Spider-Man 2 memiliki tempo yang baik, tetapi bagian ketiga justru tidak bisa mempertahankan konsistensi yang baik.

Media Game Informer juga memberikan skor yang tinggi (9,5/10) untuk game eksklusif PS5 tersebut. Matt Miller selaku pengulas mengatakan bahwa sekuel Spider-Man dan Spider-Man: Miles Morales ini mampu memenuhi ekspektasinya.

Baca juga: Game Marvels Spider-Man 2 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Menurut dia, sistem pergantian karakter antara Miles dan Peter tidak terasa seperti pengalihan, tetapi justru membuat game menjadi lebih segar serta memberikan kedua tokoh utama itu kesempatan untuk bersinar.

Kehadiran skill tree yang beragam membuat Miller banyak bereksperimen ketika bermain sebagai Peter dan Miles.

Marvel's Spider-Man 2Insomniac Games Marvel's Spider-Man 2
Mekanisme "Web Wing" juga disinggung karena memberikan pengguna opsi yang lebih menyenangkan saat menelusuri Kota New York. Kota yang luas ini memiliki berbagai macam rahasia sehingga membuatnya menarik untuk dijelajahi.

Spider-Man 2 disebut memiliki sejumlah adegan aksi yang paling sinematik ketimbang game lainnya, karena kehadiran teknologi konsol PS5 yang mumpuni. Adegan ini dikatakan bisa dibandingkan dengan momen seru di film Spider-Man.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com