Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melacak iPhone Hilang dalam Keadaan Offline atau Mati, Mudah

Kompas.com - 07/11/2023, 14:38 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu untuk mengetahui cara melacak iPhone hilang dalam keadaan mati atau offline. Kehilangan iPhone bukan merupakan hal yang diinginkan, tetapi tetap bisa saja terjadi ke siapa pun.

Kehilangan iPhone bisa disebabkan karena beberapa hal, salah satunya seperti pengguna menaruh iPhone secara sembarangan dan akhirnya diambil orang lain. Kemudian, bisa juga iPhone itu dicuri oleh orang lain.

Baca juga: Apa Pengaruh USB-C di iPhone 15? Begini Kata Apple

Saat iPhone hilang atau dicuri, pengguna sejatinya bisa melacak lokasi dan pergerakannya secara real-time dengan menggunakan layanan Find My atau Lacak. Setiap pergerakan iPhone ke suatu titik lokasi dapat diketahui melalui Find My.

Namun, pelacakan secara real-time itu hanya bisa dilakukan saat iPhone dalam kondisi menyala dan terhubung jaringan internet alias online. Dalam kondisi tertentu, seseorang atau pencuri yang membawa iPhone pengguna mungkin bakal sengaja membuatnya offline.

Kemudian, iPhone yang dibawa seseorang atau pencuri itu juga bisa saja kehabisan baterai dan akhirnya tidak terhubung ke jaringan internet. Jika kondisinya seperti ini, lantas sebenarnya apakah iPhone bisa dilacak dalam keadaan offline?

iPhone hilang yang berada dalam keadaan offline pada dasarnya masih bisa diketahui informasi lokasinya oleh pengguna melalui Find My. Akan tetapi, informasi lokasi itu hanya bisa disajikan secara terbatas.

Saat iPhone hilang dalam keadaan mati, Find My tidak dapat menampilkan informasi lokasi keberadaannya secara real-time. Find My hanya akan menampilkan informasi lokasi keberadaan terakhir yang dikirim iPhone tepat sebelum offline atau mati.

Lantas, bagaimana cara melacak iPhone hilang dalam keadaan mati? Dengan ada kemungkinan iPhone yang hilang berada dalam kondisi offline, pengguna perlu untuk mengetahui cara melacaknya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara melacak iPhone dalam keadaan offline melalui Find My.

Baca juga: Selamat Tinggal Kabel Lightning! Ini Sejarahnya Selama 11 Tahun Temani iPhone

Cara melacak iPhone dalam keadaan offline

  • Saat iPhone hilang, segera buka layanan Find My di perangkat lain. Caranya kunjungi website ini https://www.icloud.com/ menggunakan perangkat lain. Lalu, login menggunakan Apple ID yang sama seperti digunakan pada iPhone yang hilang.
  • Setelah berhasil masuk, pilih menu “Lacak” atau “Find My” dan bakal muncul peta.
  • Kemudian, pilih perangkat iPhone yang hilang.
  • Di peta itu, bakal terdapat titik lokasi iPhone berada.
  • Jika iPhone yang hilang berada dalam keadaan mati atau offline, iPhone bakal ditandai di peta dengan ikon iPhone berlayar gelap.
  • Kemudian, titik keberadaan iPhone yang ditunjukkan di peta Find My merupakan titik lokasi terakhir yang dikirim iPhone sebelum mati atau offline.
    Ilustrasi cara melacak iPhone dalam kondisi offline di Find My.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melacak iPhone dalam kondisi offline di Find My.
  • Titik lokasi iPhone yang hilang dalam kondisi offline itu bakal diperbarui saat iPhone online kembali.
  • Pengguna bisa mendapatkan pemberitahuan perubahan lokasi saat iPhone yang hilang online kembali. Untuk mendapatkan pemberitahuan itu, pengguna bisa mengaktifkan Lost Mode atau Mode Hilang pada iPhone melalui Find My.
  • Pada peta Find My, pengguna dapat klik opsi “Lost Mode” untuk mengunci iPhone dari jarak jauh. Kemudian, pengguna dapat menambahkan nomor telepon yang bisa dihubungi serta pesan untuk mengembalikan iPhone.
  • Selanjutnya, saat Lost Mode diaktifkan, pengguna juga dapat memilih opsi “Email Updates” untuk mendapatkan pemberitahuan melalui e-mail saat lokasi iPhone yang hilang berubah.

Ilustrasi cara melacak iPhone hilang dalam keadaan mati melalui Find My.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melacak iPhone hilang dalam keadaan mati melalui Find My.

Itulah penjelasan mengenai cara melacak iPhone hilang dalam keadaan mati. Untuk melacak iPhone dalam keadaan offline, pengguna perlu sedikit bersabar karena hanya dapat melihat informasi lokasi terakhir yang dikirim iPhone sebelum offline.

Baca juga: Benarkah iPhone Sebaiknya Dicas Tak Lebih dari 80 Persen?

Jika memang terpaksa tidak bisa ditemukan, untuk meminimalkan kerugian akibat kehilangan iPhone, pengguna bisa menghapus iPhone melalui Find My. Saat dihapus, semua data di iPhone bakal dihapus dan iPhone akan terkunci dengan Apple ID.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com