Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengatasi HP Android yang Cepat Panas karena Suhu Cuaca

Kompas.com - 30/09/2023, 12:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia dilanda puncak kemarau yang menyebabkan suhu panas yang begitu menyengat di pulau Jawa. Beberapa di antaranya, seperti wilayah Jakarta dan Jawa Tengah.

Sebagian warganet pun tak jarang mengeluhkan suhu panas di media sosial X dengan melampirkan hasil laporan pengukuran suhu dari aplikasi ponselnya.

Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah dan Jakarta menerangkan bahwa suhu panas yang dialami wilayah Indonesia ini adalah karena adanya gerak semu matahari.

Fenomena ini akan berlangsung akhir September hingga sekitar Oktober yang membuat Matahari akan tepat di Pulau Jawa. Kondisi inilah yang membuat suhu akan cenderung mengalami kenaikan yang diperkirakan akan berkisar antara 37-38 derajat celsius.

Kenaikan suhu di beberapa wilayah Jawa inilah yang memberikan dampak pada berbagai aspek. Salah satunya berdampak pada pada perangkat elektronik, seperti HP yang juga turut menjadi ikut panas atau overheating dari cuaca. 

Penyebab overheating pada ponsel sendiri biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari terlalu lama menggunakan ponsel, penggunaan HP terus menerus yang membuat baterai bekerja tanpa henti, dan salah satunya karena suhu panas.

HP yang mengalami overheating tentu akan mengakibatkan kinerja ponsel tidak maksimal. Mulai dari ponsel lemot hingga layar HP menjadi layar ponsel rusak.

Lantas bagaimana cara mengatasi HP Android yang overheat karena suhu lingkungan yang panas? Selengkapnya berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba.

Baca juga: HP Android Overheat? Ini Ciri-cirinya

Lepas casing dan dinginkan HP

Cara pertama yang paling mudah Anda lakukan adalah dengan melepas casing dan mendinginkan HP di ruang sejuk. Untuk mempercepat penurunan suhu, Anda juga bisa menggunakan bantuan kipas angin atau berada di ruangan ber-AC.

Menonaktifkan latar belakang aplikasi yang tidak digunakan

cara mengatasi hp overheatKompas.com/soffyaranti cara mengatasi hp overheat

Banyak aplikasi yang aktif di latar belakang bisa menjadi salah satu faktor ponsel bekerja lebih keras. Hal inilah yang menyebabkan HP semakin cepat panas/overheating. Maka dari itu Anda bisa menonaktifkan aplikasi di latar belakang. Berikut ini caranya.

  • Buka “Settings/Pengaturan”
  • Pilih “Aplikasi” > “Kelola Aplikasi”
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan latar belakangnya
  • Klik “Penggunaan data” Geser toogle “Background data/data latar belakang”
  • Sebagai informasi cara ini dilakukan pada ponsel Xiaomi Redmi Note 10s

Menurunkan kecerahan layar HP

Anda bisa menurunkan kecerahan layar HP untuk membantu menurunkan suhu akibat panas matahari. Cara menurunkan kecerahan layar di HP Android bisa dilakukan dengan mudah lewat fitur menu di bagian tab atas layar.

Selanjutnya pengguna bisa menurunkan kontras layar. Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang screen guard antisilau, ini berguna agar Anda lebih mudah melihat layar ponsel di kondisi cahaya yang sangat terang tanpa perlu menaikkan kecerahan layar.

Mode pesawat

Cara lain untuk membantu menurunkan suhu HP yang mengalami overheating karena panas cuaca, bisa dibantu dengan mengaktifkan mode pesawat. Hal ini membantu untuk mengurangi penggunaan data secara terus menerus yang membuat HP semakin panas.

Baca juga: Para Pemakai iPhone 15 Pro Max Ngeluh Overheat, Sarankan Pakai Casing

Demikian cara mengatasi HP Android overheating karena cuaca panas. Selain cara di atas, Anda juga bisa mengurangi panas dari memperbarui aplikasi menjadi versi terbaru.

Aplikasi versi lawas dan biasanya mengalami berbagai bug juga menjadi salah satu faktor HP memakan energi lebih banyak dan menjadi cepat panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com