Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitbit Diam-diam Setop Penjualan Produknya di 29 Negara

Kompas.com - 10/11/2023, 15:31 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pabrikan perangkat wearable device Fitbit diam-diam menyetop penjualan produknya di puluhan negara. Kabar ini telah dikonfirmasi oleh Google selaku pemilik Fitibit yang mengakuisisinya pada 2021 melalui blog resmi di dua halaman terpisah.

Di laman pertama Google mengungkap bahwa penjualan Fitbit dihentikan di negara-negara Eropa yang mencakup Kroasia, Republik Ceko, Estonia, Hungaria, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Polandia, Portugis, Rumania, dan Slovakia.

Mekanisme pembaruan otomatis dari layanan Fitbit Premium di negara-negara tersebut ikut dihentikan terhitung mulai 24 Oktober 2023.

Baca juga: Gelang Pintar Fitbit Charge 6 Meluncur dengan Fitur-fitur Google

Sejumlah negara di Asia ikut terdampak. Fitbit menghentikan penjualan produknya di Hong Kong, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Auto-renewal keanggotaan Fitbit Premium di Negara-negara ini sudah dihentikan pada 11 Agustus 2023

Belakangan, di laman terpisah, Google menambah daftar negara di mana penjualan Fitbit dihentikan sehingga ikut mencakup Meksiko dan semua negara lain di wilayah Amerika Latin seperti Argentina, Panama, hingga Venezuela. Secara total, Fitbit hengkang dari 29 negara.

ilustrasi Fitbit Premiumandroidauthority.com ilustrasi Fitbit Premium

Pelanggan Fitbit Premium yang kena imbas dapat tetap mendapat akses fitur eksklusif hingga periode langganan bulanannya berakhir, lalu akan mendapat tambahan akses 30 hari tanpa biaya tambahan.

“Setelah itu, akun Anda akan secara otomatis dialihkan ke paket dasar (tidak berbayar) dan Anda tidak akan lagi memiliki akses ke fitur Premium. Anda dapat berlangganan kembali di aplikasi Fitbit, apabila langganan Anda saat ini berakhir,” ungkap Google.

Produk bikinan Fitbit antara lain terdiri dari lini arloji pintar (smartwatch), gelang pelacak olahraga (fitness tracker), dan layanan aplikasi Fitbit.

Baca juga: Fitbit Gratiskan Fitur Premium bagi Semua Pengguna Baru

Google mengatakan bahwa penghentian penjualan Fitbit di puluhan negara tersebut dimaksudkan agar portofolio produknya "lebih selaras dengan ketersediaan ponsel Pixel secara regional".

Dalam keterangan yang dikirimkan ke Android Authority, juru bicara Google menjanjikan bahwa perubahan kebijakan ini tidak akan mempengaruhi perangkat-perangkat Fitbit yang kadung dibeli konsumen di negara-negara tersebut.

"Pengguna Fitbit akan tetap mendapat akses ke layanan konsumen yang sama, garansi tetap berlaku, serta produk-produknya akan terus menerima pembaruan perangkat lunak dan sekuriti," ujar juru bicara Google, seperti dirangkum KompasTekno, Jumat (10/11/2023).

Nama Indonesia tidak tercantum dalam laman berisi daftar negara-negara region Fitbit. Namun, berdasarkan pantauan KompasTekno, akun resmi Fitbit di marketplace online masih menjual produk smartwatch, seperti Versa 4, Sense 2, dan fitness tracker Inspire 3. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com