Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waze Peringatkan Pengguna Saat Lalui Jalan Rawan Kecelakaan

Kompas.com - 10/11/2023, 18:03 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi navigasi Waze memperkenalkan fitur baru berupa notifikasi apabila pengendara melalui jalan yang rawan kecelakaan.

Peringatan akan dimunculkan dalam bentuk prompt di bawah layar yang berbunyi “Jalan memiliki riwayat kecelakaan/tabrakan” sebelum pengguna melalui jalan tersebut.

Dengan demikian, diharapkan pengguna bisa lebih berhati-hati dan memperlambat laju kendaraan untuk menghindari kecelakaan.

Baca juga: 2 Cara Cek Jalan Macet saat Liburan lewat Google Maps dan Waze

Menurut penjelasan Waze dalam sebuah posting blog, keterangan tentang jalan yang rawan kecelakaan diperoleh dari laporan-laporan pengguna dan analisa oleh AI.

Peringatan ini juga didasarkan pada data riwayat kecelakaan dengan informasi tentang rute yang dilalui, termasuk tingkat kepadatan lalu lintas, elevasi, dan lain-lain.

"Untuk meminimalisasi gangguan, kami membatasi jumlah peringatan dan tidak menampilkannya di jalan yang biasa dilalui," tulis Waze.

Fitur baru dari Waze yang memunculkan notifikasi riwayat kecelakaan kepada pengendaraBlog Google Fitur baru dari Waze yang memunculkan notifikasi riwayat kecelakaan kepada pengendara

Notifikasi riwayat kecelakaan ini juga sengaja dibuat tidak muncul sepanjang waktu, melainkan hanya dalam jarak tertentu sebelum pengendara sampai di jalan yang rawan.

Di posting Waze yang bertanggal 7 November 2023, disebutkan bahwa fitur peringatan jalan rawan kecelakaan sudah diluncurkan pada hari itu.

Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Jumat (10/11/2023), hingga aplikasi Waze beta terbaru versi 4.99.02, fitur tersebut masih belum tampak.

Karena itu, fitur peringatan Waze kemungkinan bakal dirilis secara bertahap sehingga pengguna perlu bersabar menunggu selagi dilakukan update dari server Waze.

Waze sekaligus mengigatkan pengguna bahwa cedera dari kecelakaan lalu lintas adalah penyebab kematian kedelapan terbanyak di dunia.

Baca juga: Google Mem-PHK Karyawan Waze demi Alih Strategi Iklan

Sebanyak 3.700 orang meninggal dunia setiap hari akibat kecelakaan yang melibatkan mobil, bus, sepeda motor, sepeda, truk, atau pejalan kaki. Secara global, Waze juga menerima laporan kecelakaan setiap dua detik.

Sebelumnya, pada 2019, Waze mulai menggunakan data kecelakaan secara real time untuk membantu pengguna mencari rute alternatif apabile diperlukan.

"Dengan terus membawa fitur keamanan ke perjalanan Anda, Waze ingin memberikan ketenangan pikiran yang lebih baik setiap kali Anda berkendara," tulis Waze.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com