Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNY Rilis SSD NVMe PCIe 5.0 dengan Kipas Pendingin dan RGB

Kompas.com - 18/11/2023, 15:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber Club386

KOMPAS.com - Media penyimpanan solid-state drive M.2 NVMe dengan interface PCIe 5.0 terbaru semakin bertambah banyak. Salah satu produk teranyar datang dari pabrikan PNY yang merilis SSD bernama XLR8 CS3150.

Selayaknya SSD NVME PCIe x4, PNY XLR8 CS3150 menawarkan kecepatan transfer data sangat tinggi, mencapai 12.000 MB per detik sequential read dan 11.000 MB per detik sequential write untuk versi 2 TB.

Versi 1 TB dari XLR8 CS3150 memiliki kecepatan lebih pelan, tapi masih ngebut dengan angka sequential read 11.500 MB per detik dan sequential write 8.500 MB per detik.

Baca juga: Murah Tapi Kencang, Ini Rekomendasi SSD yang Sedang Turun Harga

Tersedia dalam pilihan kapasitas 1 TB dan 2 TB, salah satu keunikan SSD ini terletak pada sistem pendinginannya yang menggunakan active cooling berupa sepasang kipas 20 mm, mengapit heatsink di bagian tengah.

Konstruksi SSD PNY XLR8 CS3150. Versi RGB terlihat memiliki heatsink lebih kecil dan ada shroud alias penutup untuk mengakomodir lampu LED. PCMag.com Konstruksi SSD PNY XLR8 CS3150. Versi RGB terlihat memiliki heatsink lebih kecil dan ada shroud alias penutup untuk mengakomodir lampu LED.
SSD NVMe PCIe 5.0 memang dikenal menghasilkan panas tinggi lantaransangat kencang. Suhunya melebihi produk-produk SSD NVMe PCIe 4 dan PCIe 4 terdahulu sehingga memerlukan pendingin yang lebih mumpuni.

PNY XLR8 CS3150 tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih. Selain itu, PNY juga menawarkan varian lain yang dibekali RGB lighting berbentuk huruf "X" disertai tulisan brand "PNY" dan nama produk di bagian tengah.

Penggunanya memerlukan konektor fan 4-pin yang disambungkan ke unit SSD agar kedua kipasnya bisa berjalan. Selain itu, versi RGB memakai konektor tambahan berupa USB 9-pin untuk menyalakan dan mengendalikan lampu LED.

Dari gambar konstruksi SSD di situs PNY, versi RGB terlihat memiliki heatsink berukuran lebih kecil dibanding versi reguler di bagian tengah, kemungkinan untuk mengakomodir RGB. Sebuah shroud alias penutup tambahan dipasang di bagian atas untuk tempat lampu tersebut.

Baca juga: Review SSD Eksternal Kingston XS1000, Kecil tapi Ngebut

Dihimpun KompasTekno dari Club386, Sabtu (18/11/2023), PNY memasarkan SSD XLR8 CS3150 dengan banderol 180 dollar AS (Rp 2,8 juta) untuk varian 1 TB reguler. Versi RGB dijual seharga 190 dollar AS (sekitar Rp 3 juta).

PNY XLR8 CS3150 pun datang dengan garansi selama 5 tahun. Akan halnya varian 2 TB dari SSD ini, harganya masih belum diumumkan oleh PNY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com