Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adata Rilis SSD Eksternal USB 4 Pertama, Kecepatan Tembus 3,8 GB per Detik

Kompas.com - 01/11/2023, 17:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Konektor USB 4 yang memiliki speed jauh lebih ngebut dibanding generasi sebelumnya mulai dimanfaatkan oleh pabrikan storage untuk menawarkan produk berkecepatan tinggi.

Salah satunya adalah Adata, yang pekan ini memperkenalkan SSD eskternal pertamanya, SE920. Adata SE920 menggunakan interface USB 4 via konektor tipe-C.

Kecepatan transfer datanya diklaim mencapai 3,9 GB per detik untuk sequential read dan 3,7 GB per detik untuk sequential write. Angka tersebut sebanding -kalau bukan melewati- produk-produk SSD dengan interface Thunderbolt 3.

Baca juga: Western Digital Luncurkan SSD WD Black SN770M untuk Steam Deck dan ROG Ally

Menurut Adata dalam keterangan di situsnya, dengan kecepatan setinggi itu, SE920 sanggup mentrasnfer file video 4K berukuran 10 GB dalam waktu hanya 3 detik.

Adata SE920 menggunakan interface USB 4 via konektor tipe-C.Adata Adata SE920 menggunakan interface USB 4 via konektor tipe-C.
Adata SE920 juga kompatibel dengan interface Thunderbolt 3/4 karena jenis konektornya sama-sama tipe-C, namun kecepatan tulisnya menurun, paling tinggi 3,2 GB per detik.

SSD eksternal ini pun backward compatible dan bisa dipasang ke konektor USB 3.2 dan USB 2.0. Tentu saja, kecepatannya akan terpangkas sesuai batas maksimal yang didukung oleh masing-masing tipe interface.

USB 4 sendiri memiliki kecepatan teoritis maksimal sebesar 40 Gbps atau 5 GB per detik. Sementara, kecepatan USB 3.2 Gen 2 sebelumnya hanya 20 Gbps atau 2,5 GB per detik.

Menurut Adata, SE920 bisa digunakan di komputer berbasis Windows maupun Mac OS, gadget Android, dan konsol game seperti Xbox dan PlayStation.

Baca juga: Kingston XS1000 Resmi, SSD Eksternal Berukuran Mungil

Dimensi fisk Adata SE920 terbilang ringkas, meskipun tidak kecil-kecil amat. Ukurannya 105 x 64,2 x 15,9 mm dengan bobot 182 gram sehingga masih relatif mudah dibawa-bawa.

Selain interface USB 4, keunikan lainnya adalah fitur active cooling berupa kipas kecil untuk meredam panas yang ditimbulkan dari kecepatan tinggi Adata SE920.

Adata menawarkan SE920 dalam dua pilihan kapasitas, yakni 2 TB dan 1 TB. Namun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Rabu (1/11/2023), harga dan jadwal ketersediaan produk ini masih belum diumumkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com