Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review SSD Eksternal Kingston XS1000, Kecil tapi Ngebut

Kompas.com - 04/11/2023, 17:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pabrikan memori Kingston beberapa waktu lalu memperkenalkan SSD eksternal bernama XS1000. Produk ini adalah versi lebih terjangkau dari XS2000 yang diperkenalkan pada 2021.

Kedua SSD eksternal sama-sama berbentuk mungil dengan desain yang identik. Perbedaan utamanya terletak pada interface yang digunakan. Kingston XS2000 memiliki koneksi USB 3.2 Gen 2x2 (20 Gbps), sementara XS1000 datang dengan USB 3.2 2x1 (10 Gbps).

Baca juga: Kingston XS1000 Resmi, SSD Eksternal Berukuran Mungil

Kecepatan maksimal teoritis dari XS1000 pun hanya setengah dari XS2000. Namun, berdasarkan pengujian KompasTekno, Kingston XS1000 ternyata bisa mentransfer data berjumlah besar sekalipun dengan kencang dan konsisten.

Kemasan sederhana, aksesori minimalis

Paket penjualan Kingston XS1000 bisa dibilang sederhana dan minimalis. Kotak kemasannya berwarna dasar putih dan merah, dengan gambar SSD yang diklaim sesuai ukuran aslinya.

Unit review yang diterima KompasTekno datang dengan kabel USB C to USB C. Namun, di dalam boksnya sendiri hanya terdapat kabel USB A ke USB C dengan panjang sekitar 30 cm.

Kotak kemasan SSD eksternal Kingston XS1000. Kabel USB C to USB C di kanan diberikan secara terpisah kepada KompasTekno dan tidak termasuk dalam paket penjualan. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kotak kemasan SSD eksternal Kingston XS1000. Kabel USB C to USB C di kanan diberikan secara terpisah kepada KompasTekno dan tidak termasuk dalam paket penjualan.

Keterangan isi kemasan di boks SSD eksternal Kingston XS1000KOMPAS.com/ OIK YUSUF Keterangan isi kemasan di boks SSD eksternal Kingston XS1000

Memang kabelnya relatif pendek, tapi sudah cukup memadai untuk menghubungkan ke berbagai perangkat. Berbeda dari hard disk, SSD eksternal tidak perlu diposisikan di permukaan rata seperti meja ketika dipakai.

Tentunya kabel yang disertakan sudah mendukung transfer data 10 Gbps (1,25 GB per detik). Jadi, pengguna hanya tinggal menancapkan SSD ke port USB yang mendukung pula (USB 3.2 2x1 atau lebih tinggi) agar mendapat kecepatan maksimal.

Baca juga: Adata Rilis SSD Eksternal USB 4 Pertama, Kecepatan Tembus 3,8 GB per Detik

Selain kabel hanya ada unit SSD eksternal XS1000 tanpa ada aksesori lain. Sayang, soft case berbahan karet untuk melindungi perangkat, macam yang terdapat di boks XS2000, absen dari kotak XS1000.

Unit SSD eksternal Kingston XS1000 dan kabel USB A to USB C sepanjang 30 cm di dalam kemasannyaKOMPAS.com/ OIK YUSUF Unit SSD eksternal Kingston XS1000 dan kabel USB A to USB C sepanjang 30 cm di dalam kemasannya

Kingston pun tidak menyertakan bonus software atau fitur lain seperti kemampuan enkripsi. Benar-benar hanya unit SSD dan kabel saja.

SSD Kingston XS1000 sendiri berwarna hitam dengan finishing matte yang teksturnya terasa kesat di tangan, bukan silver seperti XS2000. Material yang digunakan adalah logam dan plastik, serta terkesan solid.

Satu hal yang mesti diingat, XS1000 tidak memiliki rating ketahanan terhadap air. Berbeda dari XS2000 yang bersertifikasi IP55.

SSD eksternal Kingston XS1000 yang diterima KompasTekno berkapasitas 2 TB. Di bagian belakangnya terdapat konektor USB C dan lampu indikator aktivitasKOMPAS.com/ OIK YUSUF SSD eksternal Kingston XS1000 yang diterima KompasTekno berkapasitas 2 TB. Di bagian belakangnya terdapat konektor USB C dan lampu indikator aktivitas

Terdapat sebuah lampu indikator akvititas berwarna biru yang terletak di belakang, bersama konektor USB C, sehingga agak sulit dilihat.

Seperti "kakaknya", satu keunikan dari Kingston XS1000 adalah bodinya yang mungil, bahkan jika dibandingkan dengan produk-produk SSD eksternal dari pabrikan lain.

Baca juga: SSD Portabel Samsung T9 Resmi, Kecepatan 2 GB Per Detik

Dengan ukuran 69.54 x 32.58 x 13.5 mm dan bobot 28,7 gram, SSD eksternal ini hanya sedikit lebih besar dibandingkan flash disk, serta lebih pendek dibanding enclosure SSD NVMe 2280 eksternal.

Kingston XS1000 pun praktis untuk dibawa bepergian, serta dapat dimasukkan dengan mudah di kantong pakaian.

SSD eksternal Kingston XS1000 berukuran kecil sehingga mudah dibawa-bawa. Ukurannya lebih pendek dari enclosure SSD NVME 2280 eksternal  (gambar kanan, bawah), dan juga hanya sedikit lebih besar dari flash disk. KOMPAS.com/ OIK YUSUF SSD eksternal Kingston XS1000 berukuran kecil sehingga mudah dibawa-bawa. Ukurannya lebih pendek dari enclosure SSD NVME 2280 eksternal (gambar kanan, bawah), dan juga hanya sedikit lebih besar dari flash disk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com