Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Twitch Emmett Shear Jadi CEO Sementara OpenAI Gantikan Mira Murati

Kompas.com - 21/11/2023, 07:15 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber First Post

KOMPAS.com - Pendiri sekaligus mantan Chief Executive Officer (CEO) Twitch, Emmett Shear resmi ditunjuk jajaran direksi OpenAI untuk menjadi CEO sementara perusahaan kecerdasan buatan (AI) tersebut.

Hal ini diakui Emmet melalui sebuah postingan di akun X (dahulu Twitter) miliiknya dengan handle @eshear.

Sebelumnya, pasca CEO OpenAI terdahulu, Sam Altman dipecat pada Jumat (17/11/2023) lalu, OpenAI menunjuk Chief Technology Officer (CTO) OpenAI, Mira Murati menjadi CEO sementara untuk perusahaan tersebut.

Baca juga: Sam Altman Ex-Bos ChatGPT Gabung Microsoft, Setelah Dipecat OpenAI

Namun kini, dengan ditunjuknya Emmett, maka Mira melepas jabatan CEO sementara dan akan tetap menjabat posisi CTO OpenAI.

Terkait penunjukkan sebagai CEO sementara untuk OpenAI, Emmett mengaku dalam sebuah postingan X/Twitter bahwa ia cukup berat dan berpikir panjang sebelum menerima posisi ini.

Sebab, ia harus meninggalkan keluarganya untuk kembali bekerja di dunia teknologi. Sebelum mengambil jabatan ini, Emmett diketahui telah mundur dari Twitch pada pertengahan Maret lalu.

Alasan pengunduran dirinya dari Twitch kala itu adalah ingin fokus kepada keluarganya, terutama anaknya yang masih bayi.

Baca juga: CEO Twitch Mundur Setelah Menjabat 16 Tahun

"Saya mengambil jabatan CEO sementara untuk OpenAI juga karena saya percaya OpenAI adalah salah satu perusahaan penting yang ada di dunia saat ini. Keputusan ini tidak mudah saya ambil, karena saya harus melalui diskusi dengan keluarga saya," ujar Emmett.

Emmett turut memaparkan apa yang ia akan lakukan dalam 30 hari pertama setelah ia menjabat sebagai CEO sementara untuk OpenAI.

Salah satu yang akan ia lakukan adalah mencari penyelidik independen untuk menyelidiki secara keseluruhan apa yang sebenarnya membuat Sam dipecat dari OpenAI.

Hal lainnya yang akan dilakukan Emmett adalah tetap menjalin komunikasi dengan para karyawan, mitra, dan klien OpenAI, serta mengubah beerapa kebijakan di pihak manajemen pasca-kepergian Sam.

Baca juga: Sam ChatGPT Altman Dipecat, Co-founder OpenAI Ikutan Mundur

Konon, Emmett ditunjuk jajaran direksi OpenAI karena pandangannya terhadap etika penggunaan AI, bahaya AI, dan aspek keselamatan AI di masa depan untuk umat manusia.

Emmett menjelaskan bahwa pemecatan Sam sendiri bukan berdasarkan keselamatan tentang penggunaan AI.

"Sebelum saya mengambil jabatan CEO sementara OpenAI, saya mengecek mengapa Sam dipecat dari OpenAI, dan ternyata bukan karena perdebatan Sam dan manajemen soal keselamatan AI, melainkan ada alasan lain," klaim Emmett tanpa menjelaskan lebih lanjut apa alasan lain itu.

Emmett pun sadar bahwa pemecatan Sam membawa citra buruk bagi OpenAI. Namun, ia memastikan bahwa ia akan membantu memulihkan hal tersebut, sehingga OpenAI kembali dilihat positif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com