Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Kabel Fiber MNC Vision Dibeli Asianet Rp 2,42 Triliun

Kompas.com - 22/11/2023, 09:00 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

Sumber

KOMPAS.com - PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) selaku pemilik layanan TV kabel MNC Play, resmi menjual sebagian aset jaringan infrastruktur fiber to the home (FTTH), kabel dan infrastruktur fixed broadband kepada PT Asianet Media Teknologi.

Sementara pelanggan PT MNC Kabel Mediacom (MKM) atau subscriber MNC Play, dialihkan kepada PT Indosat Tbk (ISAT). Selanjutnya, Indosat akan menggunakan jaringan yang dibeli Asianet itu untuk menggelar layanan fiber to the home (FTTH), Indosat HiFi.

Penjualan sebagian aset jaringan infrastruktur FTTH, kabel dan infrastruktur fixed broadband kepada PT Asianet Media Teknologi itu dilaporkan Kontan dan dikutip KompasTekno, mencapai nilai Rp Rp 2,42 triliun.

Baca juga: Indosat Resmi Akuisisi MNC Play

Pada tahap pertama, Asianet telah membayar Rp 876,86 miliar kepada IPTV pada 15 November 2023 lalu, dan sisanya akan dibayar Asianet secara bertahap.

Menurut Direktur Utama MNC Vision Networks, Ade Tjandra, penjualan aset jaringan dan pelanggan MNC Play ini membuat mereka fokus dalam layanan IPTV.

"Kami tidak terlalu menyentuh bisnis infrastruktur karena bukan DNA MNC Vision. Pada saat ini, peluang terbuka berkolaborasi dengan IOH (Indosat Ooredoo Hutchison) dan Asianet," jelas Ade saat dihubungi Kontan, Senin (20/11).

Meski jaringan dan pelanggan dialihkan, namun Ade menegaskan bahwa pihaknya tidak seutuhnya melepas MNC Play. MNC Vision akan tetap fokus ke bisnis video konten dan televisi protokol internet alias IPTV.

"Ke depannya, kami akan melakukan kolaborasi dengan product bundling. Jadi transaksi ini tidak berhenti di jual dan beli daripada aset dan pelanggan," pungkas Ade.

Migrasi pelanggan

Untuk pelanggan MNC Play sendiri, mingrasi ke Indosat HiFi ditargetkan selesain pada semester I 2024.

Pelanggan MNC Play yang dipindahkan ke Indosat sekitar 330.000, dan tersebar di beberapa kota, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang dan Surabaya.

Baca juga: Mengenal Jaringan Kabel Bawah Laut, Jalan Tol Internet Dunia

Layanan FTTH Indosat sendiri mulai dikenalkan akhir 2022 lalu, dengan nama Indosat HiFi, melengkapi portofolio layanan fix mobile convergence (FMC) perusahaan.

Layanan FTTH Indosat hadir untuk menyasar segmen perumahan dan perkantoran. Saat diluncurkan, jangkauan jaringan FTTH HiFi Indosat diklaim mencapai lebih dari 20.000 homepass.

President Director & Chief Executive OfficerIndosat Ooredoo Hutchison (IOH), Vikram Sinha menargetkan IOH dapat memperoleh 10 persen pangsa pasar FTTH di Indonesia pada tahun 2026.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com