Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insta360 Ace dan Ace Pro Meluncur, Duo Kamera Aksi Pesaing GoPro

Kompas.com - 22/11/2023, 14:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pabrikan kamera Insta360 pekan ini memperkenalkan produk baru berupa dua kamera aksi bernama Ace dan Ace Pro.

Duo action cam tersebut berbentuk mirip produk serupa dari GoPro, degan bodi kotak dan lensa yang termuat dalam cover berbentuk persegi.

Bedanya, alih-alih layar LCD warna kedua di bagian depan seperti lini GoPro Hero, Insta360 Ace dan AcePro memiliki flip screen yang bisa ditekuk ke atas hingga menghadap ke depan.

Layar sentuh berukuran sebesar 2,4 inci itu sekaligus menjadi poin kelebihan Ace dan AcePro dibanding GoPro Hero yang menjadi rivalnya.

Proses framing menjadi lebih gampang dengan layar yang lebih lebar, ketika low-angle maupun vlogging, meski engsel putarnya menambah titik yang berisiko mengalami kerusakan.

Baca juga: Kamera Aksi Insta360 GO 3 Masuk Indonesia, Harga Mulai Rp 6 Juta

Fitur andalan lainnya dari Insta360 Ace dan Ace Pro adalah chip AI yang menjalankan sejumlah fungsi kecerdasan buatan seperti real-time noise reduction untuk meningkatkan kualitas gambar di malam hari.

Ada juga fitur AI Highlight Assistant untuk memilih dan memasukkan adegan-adegan aksi dengan cepat saat editing, serta AI Warp yang bisa menambah efek video lewat prompt custom maupun preset.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (22/11/2023), Insta360 pun berjanji bakal menambah fitur-fitur berbasis AI di kemudian waktu.

Spesifikasi serta harga Insta360 Ace dan Ace Pro di Indonesia

Layar sentuh flip screen di Insta360 Ace dan Ace Pro memungkinkan framing lebih fleksibel, termasuk untuk vlogging. Insta360 Layar sentuh flip screen di Insta360 Ace dan Ace Pro memungkinkan framing lebih fleksibel, termasuk untuk vlogging.

Di luar kesamaan fitur-fitur seperti tersebut di atas, Insta360 Ace dan Ace Pro memiliki perbedaan dalam hal spesifikasi. Banderolnya tentu juga berbeda.

Insta360 Ace Pro merupakan model yang posisinya lebih tinggi. Kamera aksi ini dibekali sensor 48 MP 1/1,3 inci, dipadu lensa ultra wide Leica Summarit 16 mm f/2.6.

Sensor gambarnya yang berukuran besar untuk kamera aksi diklaim membuat Ace Pro mampu menghasilkan gambar yang jernih di segala kondisi, termasuk malam hari.

Untuk memperluas dynamic range di kondisi siang hari dengan kontras tinggi, Ace Pro turut dibekali fasilitas perekaman video dengan Active HDR.

Ace Pro sanggup merekam video hingga resolusi 8K 24 fps, 4K 120 fps, atau 1080p 240 fps, selain menjepret foto dengan resolusi 48 MP.

Baca juga: Insta360 GO 3 Meluncur, Kamera Aksi Mungil dengan Action Pod

Sementara itu, Insta 360 Ace memiliki ukuran sensor lebih kecil, yakni 1/2 inci (48 MP) dengan lensa ultra wide 16 mm f/2.4. Perekaman video juga bisa dilakukan dengan resolusi 4K 120 fps, atau 1080p 240 fps, tapi angka maksimalnya adalah 6K 30 fps.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com