Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Tinder Rombak Tampilan, Memulai Obrolan Jadi Lebih Gampang

Kompas.com - 23/11/2023, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan pencari jodoh online, Tinder, merombak tampilan aplikasinya agar lebih informatif dan mudah digunakan untuk memulai percakapan dengan orang yang ditaksir.

Perubahan yang diterapkan antara lain berupa prompt untuk profil (Profile Prompt) sebagai pemantik obrolan, kuis singkat (Profile Quiz), menambah tag informasi pribadi (Basic Info Tags), hingga mode gelap (Dark Mode).

Fitur prompt di profil akun diklaim dapat membantu pengguna mengekspresikan kepribadian mereka secara unik, mulai dari selera humor, hobi, minat, dan sebagainya.

Prompt akan muncul ketika akun profil diklik. Di sana, pengguna lain akan menemukan deskripsi singkat soal informasi pribadi seseorang.

Baca juga: Tinder Select Meluncur, Langganan Rp 7 Juta Per Bulan

Bila prompt yang dibagikan dianggap lucu, menyenangkan, dan menarik perhatian, pengirim pesan bisa memberi reaksi untuk memulai percakapan.

Ikon reaksi yang tersedia adalah tanda silang (menolak melakukan percakapan), bintang berwarna biru, dan ikon hati berwarna hijau.

“Dengan memilih dan menanggapi prompt (di akun profil), Anda bisa memulai percakapan yang menarik dan lebih dalam, daripada sekadar memilih ‘Suka’ dan ‘Tidak Suka’,” tulis Tinder dalam blog resminya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (23/11/2023).

Tinder merombak tampilan aplikasinya dan menghadirkan sejumlah fitur baru. Fitur tersebut mencakup animasi baru di ?It?s a Match?, prompt di profil pengguna (Profile Prompt), kuis singkat (Profile Quiz), menambah tag informasi pribadi (Basic Info Tags), hingga mode gelap (Dark Mode). Tinder Tinder merombak tampilan aplikasinya dan menghadirkan sejumlah fitur baru. Fitur tersebut mencakup animasi baru di ?It?s a Match?, prompt di profil pengguna (Profile Prompt), kuis singkat (Profile Quiz), menambah tag informasi pribadi (Basic Info Tags), hingga mode gelap (Dark Mode).

Agar proses interaksi bisa berlangsung dengan cara yang lebih menyenangkan, pengguna pun dapat memanfaatkan fitur Profile Quiz.

Kehadiran fitur ini bisa memudahkan pengguna mengenal satu dan lain lebih dalam, dan menemukan kecocokan dengan cara yang interaktif lewat kuis singkat.

Tinder menyarankan, bila ingin menggunakan fitur “Profile Quiz”, pastikan bahwa pengguna sudah membagikan kuis di akun profil, lalu tulis deskripsi singkat soal preferensi dan minat yang dimiliki.

Beralih ke Basic Info Tags, fitur ini bertujuan mengurangi kebingungan dari pengguna lain yang ingin memulai percakapan, tapi tak tahu banyak soal orang yang ditaksir.

Kini, lewat Basic Info Tags, pengguna bisa mengetahui apa saja minat, preferensi, hewan peliharaan yang disukai, love language, hingga zodiak sehingga bisa memberikan gambaran umum tentang orang tersebut.

Baca juga: Sejarah Tinder, Medium Pencarian Jodoh Online

“Menggunakan tag membuat Anda lebih mudah untuk menceritakan diri Anda sendiri, dan mengetahui lebih dalam soal potensi (pasangan) yang cocok dengan Anda,” tulis Tinder.

Selain itu, Tinder juga meningkatkan fitur untuk memblokir atau melaporkan sebuah akun. Pengguna bisa melaporkan hal yang lebih spesifik soal akun yang tidak aktif di Tinder. Sebelumnya, fitur pelaporan ini hanya menyediakan opsi “Block” dan “Report” saja.

Aplikasi pesaing dating apps Bumble ini juga menyediakan Dark Mode yang akan mengubah warna tampilan menjadi serba gelap, sehingga lebih nyaman di mata saat malam hari, di samping lebih privat.

“Mode Gelap kini sudah bisa diakses di menu Pengaturan (Settings) Tinder. Tinder menghadirkan fitur ini sesuai dengan preferensi dan privasi Anda,” ungkap Tinder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com