Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Resmikan Kartu Grafis GeForce RTX 4060 Ti dengan Slot SSD M.2 Terintegrasi

Kompas.com - 23/11/2023, 11:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Setelah sempat memamerkan purwarupanya beberapa waktu lalu, Asus kini telah meresmikan kartu grafis bernama Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD 8 GB GDDR6.

Keunikan produk ini terletak di adaya slot M.2 terintegrasi dengan interface PCIe 5.0 x4 untuk memasang SSD NVMe. Letaknya ada di bagian belakang dan diakses dengan membuka panel khusus di backplate kartu grafis.

Baca juga: Nvidia Umumkan Jajaran GPU RTX 4060 Series Terbaru

Slot M.2 tersebut sudah dibekali dengan thermal pad. SSD dipasang dengan posisi chip memori dan controller menghadap thermal pad yang menempel di plat pendingin GPU. Dengan demikian, heatsink dan kipas kartu grafis pun ikut mendinginkan SSD.

Slot SSD di backplate Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD 8 GB dengan penutupnya. Asus Slot SSD di backplate Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD 8 GB dengan penutupnya.
Asus bisa memasang slot SSD M.2 NVMe karena kartu grafis GeForce RTX 4060 ti memang hanya memakai 8 jalur PCIe dari total 16 yang tersedia. Sisanya secara fisik ada, tapi biasanya tidak aktif, inilah yang dioprek Asus untuk disambungkan ke SSD.

Lucunya, kartu grafis Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD sebenarnya juga hanya memiliki interface PCIe 4.0 sesuai spesifikasi GPU tersebut. Namun, slot M.2 yang terintegrasi justru bisa mendukung interface PCIe 5.0 apabila ada support dari motherboard.

SSD M.2 NVMe yang ditancap di Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD pun bisa mencapai kecepatan sangat tinggi layaknya terpasang di slot M.2 PCIe 5.0 di motherboard.

Bagian depan dan belakang Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD 8 GBAsus Bagian depan dan belakang Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD 8 GB
Hal itu didemonstrasikan oleh Product Manager Asus China Tony Yu di situs live streaming BiliBili, dengan memakai SSD PCIe 5.0 Crucial T700, serta SSD PCIe 4.0 Samsung 980 Pro yang terpasang di Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti SSD.

Hasilnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Kamis (23/11/2023), SSD Crucial mampu mencapai kecepatan sequential read 12,4 GB per detik dan sequential write 11,7 GB per detik.

Baca juga: Kartu Grafis GeForce RTX 4060 Ti 16 GB Dirilis, Ini Harganya

SSD Samsung 980 Pro dipakai untuk uji suhu dengan cara menjalankan Furmark untuk memaksa GPU bekerja keras sambil running benchmark SSD. Terlihat suhu GPU berada di kisaran 63 derajat Celsius, sementara SSD 42 derajat Celsius sehingga terbilang adem.

Asus belum mengumumkan harga kartu grafis dengan slot SSD terintegrasi ini ataupun jadwal ketersediaannya. Sebagai gambaran, Asus Dual GeForce RTX 4060 Ti 8 GB "reguler" dijual sekitar Rp 7,8 juta di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com