Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan Intel dan TSMC, Nvidia Jadi Perusahaan Chip Terbesar

Kompas.com - 27/11/2023, 07:02 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Demam AI di industri teknologi membuat Nvidia selaku pembuat chip pengolahnya ketiban untung.

Belakangan, dilaporkan bahwa pendapatan Nvidia mengalami peningkatan pesat sehingga menjadi yang terbesar di antara perusahaan-perusahaan semikonduktor lain.

Hal tersebut diungkapkan oleh analis finansial Dan Nystedt yang mengumpulkan data laporan keuangan dari empat perusahaan chip terbesar, yakni Intel, Nvidia, Samsung Semiconductor, dan TSMC, sejak kuartal-I 2021.

Baca juga: Nvidia Umumkan GPU H200, Kartu Grafis Khusus AI

Dari sana terlihat bahwa di kuartal-III 2023 Nvidia sudah menyalip pabrikan TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company) dan kini berada di urutan pertama dengan pendapatan 18,12 miliar dollar AS (Rp 281,4 triliun).

Grafik pendapatan per kuartal dari empat perusahaan chip terbesar yang dikumpulkan oleh analis finansial  Dan Nystedt. Dan Nystedt Grafik pendapatan per kuartal dari empat perusahaan chip terbesar yang dikumpulkan oleh analis finansial Dan Nystedt.

TSMC di urutan kedua mencatat pendapatan 17,28 miliar dollar (Rp 268,4 triliun), lalu Intel dan Samsung masing-masing di posisi ketiga dan keempat dengan pendapatan 14,16 miliar dollar AS (Rp 220 triliun) dan 12,52 miliar dollar AS (Rp 194,4 triliun).

Padahal, Nvidia mengawali 2023 dengan berada di urutan bontot di antara keempat perusahaan chip terbesar. Namun, semenjak kuartal pertama tahun ini, grafik pendapatannya meningkat tajam.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Senin (27/11/2023), revenue Nvidia pada kuartal-III 2023 mengalami kenaikan 206 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari pendapatan 18,12 miliar dollar AS tersebut, Nvidia mencatat profit 10,42 miliar dollar AS (Rp 162,8 triliun). Angka itu sekaligus merupakan yang terbesar, di atas TSMC yang mencatat laba 7,21 miliar (Rp 112 triliun).

Breakdown kontribusi pendapatan dari masing-masing unit bisnis Nvidia.Nvidia Breakdown kontribusi pendapatan dari masing-masing unit bisnis Nvidia.

Salah satu penyebabnya, Nvidia memiliki properti intelektual (IP) sehingga pendapatan dan profit per chip yang dihasilkannya lebih besar dari TSMC, yang menangani produksi chip di tahap manufaktur.

Baca juga: Inggris Bikin Superkomputer, Pakai 5.000 Chip AI Nvidia

TSMC sendiri merupakan rekanan kontrak yang memproduksi aneka chip hasil rancangan Nvidia.

Pendapatan terbesar Nvidia disumbang oleh unit bisnis Data Center yang mencakup produk chip AI. Menurut laporan Nvidia, Unit bisnis ini terus menerus mengalami peningkatan pendapatan sejak kuartal-IV tahun fiskal 2022 hingga sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com