Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini HP dan Tablet Xiaomi yang Kebagian HyperOS Gelombang Kedua

Kompas.com - Diperbarui 28/11/2023, 08:50 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi mengumumkan deretan perangkat berikutnya yang akan kebagian antarmuka terbaru mereka, HyperOS. Selain daftar perangkat, Xiaomi juga mengungkap jadwal rilis HyperOS gelombang kedua.

Menurut pengumuman Xiaomi, HyperOS gelombang kedua akan dirilis pada Desember 2023. Namun, masih dalam versi pengembang (developer version) yang berarti bukanlah versi akhir atau stabil.

Karena bukan versi akhir atau stabil, maka antarmuka HyperOS pada perangkat yang kebagian di gelombang kedua ini kemungkinan masih akan menemui kendala seperti bug.

Ada 11 model perangkat Xiaomi yang akan kebagian HyperOS bulan depan, termasuk smartphone dan tablet.

Model Xiaomi 12S series menjadi perangkat yang paling pertama mendapat HyperOS Desember nanti, meliputi Xiaomi 12S "reguler", Xiaomi 12S Pro dan Xiaomi 12S Ultra.

Awalnya, Xiaomi tidak menyantumkan Xiaomi 12S series dalam daftar perangkat yang kebagian HyperOS gelombang kedua.

Hal ini lantas memicu perbincangan di forum diskusi komunitas Xiaomi China. Apalagi Xiaomi 12S series merupakan smartphone pertama kolaborasi Xiaomi dengan Leica.

Namun, juru bicara Xiaomi Zhang GuoQuan memberikan klarifikasi lewat media sosial China, Weibo. GuoQuan bilang ada miskomunikasi pada posting sebelumnya. Ia juga menegaskan bahwa Xiaomi 12S series merupakan perangkat prioritas yang bakal kebagian HyperOS.

Posting awal Xiaomi kemudian direvisi dan menyantumkan Xiaomi 12S series sebagai salah satu model yang akan mendapat antarmuka HyperOS bulan depan.

Baca juga: Penampakan Jelas 2 Mobil Listrik Xiaomi, Mirip Tesla dan Pakai HyperOS?

Selain Xiaomi 12S series, perangkat lainnya yang dapat HyperOS yaitu Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro. Perangkat dengan merek Redmi juga masuk dalam daftar, yaitu Redmi K50.

Adapun tablet yang akan mendapat HyperOS pada gelombang kedua ini adalah Xiaomi Pad 5 Pro 12.4. Berikut rincian daftar perangkat Xiaomi yang dapat update UI baru.

Daftar HPdan tablet Xiaomi yang kebagian HyperOS gelombang kedua 

  1. Xiaomi 12S Ultra
  2. Xiaomi 12S Pro
  3. Xiaomi 12S
  4. Xiaomi 12 Pro
  5. Xiaomi 12
  6. Xiaomi 12 Pro Dimensity Edition
  7. Redmi K50 Ultra
  8. Redmi K50 Gaming Edition
  9. Redmi K50 Pro
  10. Redmi K50
  11. Xiaomi Pad 5 Pro 12.4

Perlu dicatat bahwa pembaruan HyperOS ini baru digulirkan untuk pengguna di China, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Senin (27/11/2023). Belum ada informasi kapan HyperOS global dirilis selanjutnya setelah pertama kali digulirkan pada 8 November lalu.

Fitur HyperOS

Adapun HyperOS merupakan antarmuka generasi baru dari Xiaomi. UI ini akan menggantikan MiUI, antarmuka yang selama kurang lebih 13 tahun menemani aneka produk Xiaomi dan jajaran sub-brand-nya (Redmi dan Poco).

HyperOS memulai debutnya bersama Xiaomi 14 series dalam acara bertajuk "Leap Beyond the Moment" pada 246 Oktober 2023.

Menurut Xiaomi, inti dari Xiaomi HyperOS dibentuk oleh Linux dan sistem Xiaomi Vela yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com