Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik iPhone Ternyata Banyak yang Pakai Xiaomi

Kompas.com - Diperbarui 21/11/2023, 10:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Pemilik dan penggemar produk Apple, alias fanboy Apple ternyata banyak yang menggunakan produk Internet of Things (IoT) buatan Xiaomi.

Produk IoT adalah perangkat elektronik yang terhubung dengan internet atau jaringan, termasuk perangkat smart home yang seperti TV, air purifier, pembersih debu, dan sebagainya.

Hal itu disampaikan Xiaomi dalam ajang Xiaomi IoT Ecological Partner Conference yang digelar di Beijing, China minggu ini.

Baca juga: Mi Band 6 Jadikan Xiaomi Raja Wearable Dunia Kalahkan Apple

Menurut Xiaomi, dari seluruh pengguna perangkat iOS (iPhone dan iPad) yang ada di ekosistem IoT mereka, 45 persen di antaranya memiliki lebih dari lima perabot rumah pintar (smart home appliances) buatan Xiaomi.

Produk yang masuk ke dalam kategori smart home appliances sendiri antara lain mencakup alat penyaring udara (air purifier), lampu dan bohlam (light bulbs), robot pengepel lantai, penyedot debu, dan sejenisnya. 

Meski demikian, Xiaomi tidak menyebut berapa total pengguna perangkat iOS di ekosistem IoT mereka, dibandingkan dengan pengguna Android.

Namun yang jelas, ini menunjukkan ternyata banyak juga fanboy Apple juga menggemari produk-produk IoT Xiaomi.

Ilustrasi perangkat Xiaomi IoT yang berjalan di 45 persen perangkat iOS dalam ajang Xiaomi IoT Ecological Partner Conference di Beijing, China, Kamis (16/11/2023).GadgetTendency.com Ilustrasi perangkat Xiaomi IoT yang berjalan di 45 persen perangkat iOS dalam ajang Xiaomi IoT Ecological Partner Conference di Beijing, China, Kamis (16/11/2023).

Terkait Apple, pembuat iPhone ini sebenarnya tak memiliki banyak perabot rumah pintar seperti Xiaomi. Beberapa perangkat yang mereka miliki hanyalah sebatas speaker pintar macam HomePod hingga Apple TV.

Dengan begitu, bisa dibilang wajar apabila pemilik iPhone atau iPad membeli perangkat smart home appliances di luar merek Apple, seperti Xiaomi di atas atau merek lainnya, lantaran Apple sendiri tak memiliki banyak produk seperti itu.

Baca juga: Xiaomi Investasi Rp 20 Triliun untuk Produk Smart Home

Hingga kini, dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Minggu (19/11/2023), Xiaomi mengeklaim sudah ada sekitar 665 juta perangkat IoT yang terhubung di ekosistem IoT yang perusahaan bangun, dan semakin bertambah.

Bahkan hingga kini, Xiaomi mencatat sudah ada 13 juta pengguna yang memiliki lima atau lebih perangkat IoT yang terhubung dalam ekosistem Xiaomi. 

Jika dirata-rata 13 juta pengguna di atas memiliki 5 perangkat IoT saja, maka total perangkat IoT-nya adalah 65 juta. Angka tersebut sudah berkontribusi 10 persen dari total 665 juta perangkat IoT Xiaomi yang disebut di atas tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com