Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Pengguna Google Drive Mendadak Hilang

Kompas.com - 28/11/2023, 11:02 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com -Sejumlah pengguna layanan cloud storage Google Drive mengeluhkan bahwa datanya mendadak hilang. Jumlah data yang lenyap bervariasi. Ada yang mengaku kehilangan data yang disimpan selama beberapa bulan terakhir, ada juga yang mencapai hitungan tahun.

Berdasarkan keterangan di laman Google Support, raksasa mesin pencari itu mengakui bahwa memang ada masalah di Google Drive. Akar masalahnya disebut ada di aplikasi Google Drive versi desktop versi 84.0.0.0 - 84.0.4.0 yang baru digulirkan.

"Kami sedang menyelediki laporan masalah yang berdampak pada segelintir pengguna Drive untuk desktop dan akan melakukan follow up dengan update lanjutan," tulis seorang karyawan Google dalam posting di laman Google Support.

Selagi Google mencarikan solusi, pengguna Drive diminta tidak melakukan dua hal untuk mencegah kehilangan data.

Baca juga: Fitur Baru Google Drive di Android, Buka File PDF Jadi seperti Baca Buku

Pertama adalah jangan mengeklik opsi “Putuskan akun” (Disconnect account) di Google Drive Desktop. Kedua, menghapus ataupun memindahkan folder data aplikasi di komputer ataupun laptop WIndows/macOS.

File folder yang dimaksud untuk pengguna Windows terletak di “%USERPROFILE%\AppData\Local\Google\DriveFS”, sedangkan untuk pengguna macOS “~/Library/Application Support/Google/DriveFS”.

"Kalau Anda punya ruang di hard drive, kami merekomendasikan untuk membuat salinan dari folder app data," lanjut posting di laman Google Support tersebut.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Selasa (28/11/2023), Google masih belum menginformasikan lebih lanjut apakah masalah sinkronisasi data di Drive sudah diperbaiki atau belum.

Laporan soal kehilangan data di Google Drive.

Salah seorang pengguna melaporkan bahwa file yang diunggah ke Google Drive mendadak hilang. File paling baru yang tersimpan hanyalah folder yang diunggah pada Mei 2023Google Support Salah seorang pengguna melaporkan bahwa file yang diunggah ke Google Drive mendadak hilang. File paling baru yang tersimpan hanyalah folder yang diunggah pada Mei 2023

Masalah data hilang di Google Drive dicuatkan di forum Google Support oleh pengguna bernama Yeonjoong. Ia melaporkan bahwa Drive miliknya tiba-tiba hanya menampilkan data yang disimpan  hingga Mei 2023 saja. File atau folder yang dibuat setelahnya tidak tampak.

Mulanya, ia mengira datanya masuk ke menu "Trash", tempat menyimpan seluruh file yang dihapus sebelum hilang secara permanen. Namun, saat diakses, menu Trash tidak menampilkan file yang hilang tadi.

“Tidak ada file yang dihapus secara manual, jadi tidak ada file di Trash. Saya tidak pernah menyinkronisasikan ataupun membagikan file dan Drive saya kepada siapapun, saya menggunakan Drive secara lokal,” ujarnya.

Sampai laporan ditulis, Yeonjoong mengaku masih belum dapat memulihkan datanyanya yang hilang. Tidak berselang lama, pengguna Drive lain pun melaporkan hal sama di kolom komentar.

Baca juga: AI Google Bard Bisa Lihat Data Gmail, Drive, dkk untuk Jawab Pertanyaan

“Saya juga mengalami masalah yang sama. Seluruh folder dan file terbaru menghilang dan data yang bisa dilihat hanyalah pada awal Mei 2023 saja,” ujar salah seorang pengguna.

“Saya kehilangan file yang saya buat beberapa hari lalu. Saya belum mengecek file yang lebih lama karena saya tidak terlalu memperhatikannya jika file tersebut hlang. (Tolong) perbaiki ini secepat mungkin,” ujar pengguna lain beberapa jam lalu.

Bila Anda adalah pengguna yang terdampak, sebaiknya lakukan dua langkah yang diinstruksikan Google. Jangan lakukan perubahan apapun, jangan menghapus ataupun memindahkan data. Lalu, jangan lupa mencadangkan data Anda ke hard drive.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com