Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11 Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 29/11/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu untuk mengetahui cara membuka situs yang diblokir. Sebagaimana cukup umum diketahui, terdapat beberapa situs yang mengalami pemblokiran akses, sehingga pengguna tak bisa membukanya secara langsung.

Situs yang diblokir mungkin bakal merepotkan pengguna. Pasalnya, di antara situs-situs yang diblokir, bisa jadi terdapat situs yang cukup berguna bagi pengguna karena memuat konten-konten informatif. Misalnya, situs Reddit.

Baca juga: Langkah-langkah Browsing di Internet yang Perlu Diketahui

Meski dirasa berguna, situs yang sudah diblokir tetap saja tak akan bisa dibuka secara langsung. Oleh karena itu, pengguna memerlukan cara membuka situs yang diblokir. Lantas, bagaimana cara membuka situs yang diblokir?

Jika hendak membuka situs yang telah mengalami pemblokir akses, tetapi belum tahu caranya, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap mengenai cara membuka web yang diblokir.

Cara membuka situs yang diblokir

Cara membuka web yang diblokir itu cukup mudah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan pengguna untuk membuka web yang diblokir. Beberapa cara di antaranya adalah memakai situs Proxy, VPN, dan browser khusus.

Selain itu, masih banyak lagi cara membuka situs yang diblokir, yang dapat dilakukan pengguna dengan mudah. Adapun penjelasan beberapa cara membuka situs yang diblokir dengang mudah dan praktis adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan aplikasi VPN

Ilustrasi cara membuka situs yang diblokir menggunakan aplikasi VPN.App Store Ilustrasi cara membuka situs yang diblokir menggunakan aplikasi VPN.

Cara pertama yang termudah adalah menggunakan aplikasi VPN (Virtual Private Network). Untuk diketahui, VPN adalah layanan yang dapat menghubungkan pengguna dengan internet secara privasi.

Dengan VPN, identitas dalam akses internet seperti alamat IP (Internet Protocol) dan lokasi dari pengguna akan disamarkan. Saat VPN diaktifkan, pengguna bisa mengakses situs secara anonim dengan alamat IP dan lokasi yang bukan asli miliknya.

Kemampuan VPN untuk membuat koneksi secara privasi itu memungkinkan pengguna membuka situs yang diblokir atau dibatasi aksesnya. Ada banyak aplikasi VPN yang bisa diunduh di berbagai toko aplikasi resmi.

2. Menggunakan browser Tor

Kedua, cara membuka situs yang diblokir adalah dengan menggunakan browser Tor. Browser ini memungkinkan pengguna untuk mengakses situs secara anonim. Alhasil, pengguna bisa membuka situs diblokir dan dibatasi secara geografis.

Jika ingin menggunakan browser Tor, pengguna bisa mengunduhnya dulu lewat tautan ini Cara membuka situs yang diblokir menggunakan Tor ini memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya kecepatan akses internet browser Tor lambat.

Selain itu, browser Tor biasanya tidak dapat diinstal di perangkat-perangkat publik seperti komputer sekolah atau komputer kantor.

3. Menggunakan browser Opera

Ilustrasi browser Opera.opera.com Ilustrasi browser Opera.

Ketiga, pengguna bisa menggunakan browser Opera. Untuk diketahui, browser Opera dibekali fitur VPN bawaan, yang memungkinkan pengguna bisa mengakses situs secara anonim, sehingga dapat membuka situs yang diblokir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com