Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steam Permudah Cari Game yang Dukung Stik PS4 dan PS5

Kompas.com - 29/11/2023, 18:31 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform distribusi game PC milik Valve, Steam telah meluncurkan pembaruan (update) yang memungkinkan pengguna mencari game, yang mendukung controller DualShock PlayStation 4 (PS4) dan controller DualSense PlayStation 5 (PS5).

Sebelumnya gamer Steam memang bisa menggunakan kedua controller tersebut untuk bermain game di platform itu. Namun, keterangan dukungan controller untuk sebuah game di Steam tidak konsisten.

Jadi, bisa saja sebuah game disebut memiliki dukungan controller, padahal controller yang didukung hanya milik Xbox dan bukan PlayStation.

Akhirnya, pengguna controller PlayStation tidak bisa menikmati game tersebut, kecuali mengutak-atiknya lewat pengaturan Steam agar menyimulasikan controller Xbox.

Baca juga: Steam Diskon Game PC hingga 90 Persen di Autumn Sale 2023, Ini Daftarnya

Kini, Steam menambahkan keterangan dukungan controller secara rinci, yakni controller Xbox, DualShock, dan DualSense. Jadi, pengguna bisa memfilter game yang hanya mendukung controller tertentu.

Bila ingin melihat daftar game yang dimaksud, pengguna bisa membuka situs atau launcher Steam, kemudian mengakses menu "Store" > "Categories" > "Special Sections" > dan "Controller-Friendly". Pengguna tinggal mengeklik filter controller yang sudah disediakan.

Pengguna bisa memfilter game berdasarkan dukungan controller yang dimiliki, yakni controller Xbox, DualShock (PS4), dan DualSense (PS5)KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Pengguna bisa memfilter game berdasarkan dukungan controller yang dimiliki, yakni controller Xbox, DualShock (PS4), dan DualSense (PS5)
Alternatifnya, pengguna bisa membuka Steam kemudian mencari game tertentu lewat kolom pencarian.

Dalam kolom pencarian, scroll ke bawah dan cari menu "Narrow by Controller Support" untuk menyaring game yang mendukung controller tertentu, seperti Xbox atau DualSense.

Gamer juga dapat langsung membuka halaman sebuah game, kemudian menggulir halaman ke bawah dan mencari menu "Controller Support" di sebelah kanan halaman.

Menu Controller Support di Steam sekarang menjadi lebih rinciKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Menu Controller Support di Steam sekarang menjadi lebih rinci
Menu sudah disesuaikan dengan controller yang sering digunakan pengguna. Contohnya, pengguna yang sering menggunakan controller Xbox saat bermain game di Steam, akan melihat tulisan "Your Xbox Controller" berwarna hijau di menu tersebut.

Menu ini pun menghadirkan kategori "Steam Input API". Kategori tersebut menunjukkan lebih dari 200 controller yang bisa digunakan untuk bermain game. Sebab, ada banyak controller yang kompatibel dengan game Steam seperti Logitech, Mad Catz, dan lain-lain.

Baca juga: Sambut Black Friday, Sony Diskon Game PS4 dan PS5 hingga 95 Persen

Informasi terkait dukungan controller juga muncul apabila pengguna membuka game di launcher Steam lewat menu "Library".

Menu tersebut terletak di pojok kanan (ikon controller) di sebelah "Manage". Ada pula keterangan "Controller required" jika sebuah game mewajibkan controller.

Masih soal "Library", pengguna bisa membuat koleksi (folder) berisi game yang mendukung controller tertentu.

Hal ini bisa dilakukan dengan menekan tombol "Advanced filtering" di sebelah kanan kolom pencarian, lalu akses menu "Hardware Support" dan pilih controller yang diinginkan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com