Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelanggan YouTube Premium Kini Bisa Ngobrol dengan AI

Kompas.com - Diperbarui 02/12/2023, 06:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - YouTube terus menghadirkan beragam fitur baru untuk memanjakan para penggunanya, terutama pelanggan berbayar YouTube Premium.

Salah satu fitur baru yang bisa dijajal pelanggan YouTube Premium adalah Ask. Fitur ini memungkinkan pengguna berdiskusi atau bertanya kepada robot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) soal video yang sedang ditonton.

Fitur Ask di YouTube sendiri akan muncul sebagai tombol yang ada di deretan tombol di bawah jendela video, sejajar dengan tombol "Like", "Share", "Remix", dan sebagainya.

Ketika mengeklik tombol "Ask", pengguna akan disodori dengan tampilan yang menyerupai kolom percakapan (chat). Di sini, mereka bisa bertanya apapun yang berkaitan dengan video yang sedang ditonton.

Baca juga: Makin Pintar, AI Google Bard Bisa Ceritakan Isi Video YouTube

Selain itu, mereka juga bisa meminta AI untuk merangkum isi dari video, merekomendasikan video serupa lain yang ada di YouTube, dan lain sebagainya.

Di samping fitur Ask, pelanggan YouTube Premium juga bisa menjajal fitur AI lainnya yang bernama Topics".

Dengan fitur ini, pengguna, dengan bantuan AI, bisa merangkum topik-topik apa saja yang ada sedang dibicarakan orang di kolom komentar dari sebuah video.

Ilustrasi fitur eksperimental di YouTube Premium.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi fitur eksperimental di YouTube Premium.

Di luar fitur AI macam Ask dan Topics, pelanggan YouTube Premium juga bisa memainkan beragam game di aplikasi YouTube.

Baca juga: Halusinasi AI dan Pentingnya Regulasi

Fitur bermain game ini bernama Playables, dan lewat fitur ini, pengguna bisa memainkan sekitar 30 game kecil (mini game) langsung di aplikasi YouTube.

Untuk ketersediaan, fitur Ask bisa dijajal pelanggan YouTube Premium yang tinggal di wilayah Amerika Serikat (AS), khususnya mereka yang berumur 18 tahun ke atas. Fitur ini hanya tersedia di "beberapa video" saja dan bisa dicoba pengguna hingga 15 Desember mendatang

Kemudian untuk fitur Topics bisa sejumlah pengguna YouTube Premium di beberapa negara. Pantauan KompasTekno, Jumat (1/12/2023), kami sudah bisa mencoba fitur merangkum kolom komentar ini hingga 5 Desember mendatang.

Lalu untuk Playables, fitur bermain game di YouTube ini bisa dicoba pengguna YouTube Premium di beberapa wilayah, termasuk Indonesia hingga 28 Maret 2024 mendatang.

Nah, supaya bisa menjajal aneka fitur baru YouTube Premium ini, pengguna bisa memperbarui (update) aplikasi YouTube mereka ke versi teranyar di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com