Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Google Takeout dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 03/12/2023, 12:02 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Google memiliki berbagai layanan untuk pengguna mengakses berbagai platform dan memudahkan aktivitas pengguna. Salah satunya Google Takeout yang membantu pengguna dalam menyalin data yang tersimpan di berbagai produk Google, seperti Google Photos, Drive, dan Gmail.

Google Takeout biasanya berguna untuk berbagai lini, seperti bisnis, organisasi atau institusi pendidikan. Platform ini seringkali digunakan perusahaan untuk mentransfer data karyawan ke akun Google lain saat mereka sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut.

Tak hanya itu layanan ini juga berguna jika Anda ingin mencadangkan data Anda untuk berjaga-jaga jika akun Google Anda hilang atau jika Anda ingin memindahkan data Anda ke layanan lain. Salah satunya ingin menghapus akun Google lama dan beralih ke akun terbaru.

Untuk mengulas selengkapnya, berikut ini pengertian Google Takeout, layanan mana yang didukung, dan cara menggunakannya.

Baca juga: Akun Google yang Tidak Aktif 2 Tahun Dihapus Mulai Besok, Begini Cara Mencegahnya

Pengertian Google Takeout

Dilansir dari Business Insider, Google Takeout merupakan layanan yang ditawarkan oleh Google untuk mencadangkan semua data akun Google Anda dalam satu file. File-file cadangan inilah yang kemudian bisa diunduh.

Layanan ini gratis dari Google untuk memungkinkan Anda menyalin data yang tersimpan di Google, termasuk Gmail, Drive, Photos, Kalender, dan lainnya.

Pengguna bisa mengunduh data Anda dengan format beragam, mulai dari ZIP, TAR, dan XML. Selain itu Anda juga bisa memilih untuk mengunduh hanya jenis data tertentu, seperti e-mail, foto, atau video.

Untuk menggunakan Google Takeout, penggun aperlu masuk ke akun Google. Setelah masuk, pengguna akan memilih produk dan jenis data yang ingin diunduh.

Pengguna juga bisa memilih format dan tingkat kompresi unduhan. Setelah membuat pilihan, pengguna bisa mengklik tombol "Buat arsip". Google kemudian akan membuat arsip data dan mengirimkan e-mail kepada Anda dengan tautan untuk mengunduhnya.

Baca juga: 5 Trik Mengurangi Penyimpanan Google Photos agar Tidak Penuhi Penyimpanan

Layanan-layanan yang didukung Google Takeout

Berikut ini beberapa layanan atau aplikasi yang didukung dari Google Takeout:

Data Produk Google

Gmail, Drive, Chrome, Foto, dan YouTube.

Aktivitas Google Play

Aktivitas di Play Store, Play Buku, Google Maps, Layanan Play Game, video YouTube, dan Play Film & TV.

Aktivitas Log Akses Akun

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com