Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome HP dengan Mudah

Kompas.com - 30/11/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya butuh untuk mengetahui cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP (handphone). Cara tersebut berguna ketika pengguna memakai browser Google Chrome di HP dan ingin membuka situs yang diblokir atau dibatas.

Sebagaimana cukup umum diketahui, ada banyak situs yang diblokir atau dibatasi, sehingga pengguna tidak bisa langsung membukanya di Google Chrome HP. Pemblokiran pada situs biasanya berlangsung karena situs itu dinilai mengandung aktivitas berbahaya.

Baca juga: Cara Aktifkan VPN di iPhone dan iPad, Bisa Pakai Aplikasi atau Manual

Akan tetapi, tak sedikit pula situs yang diblokir justru memuat konten-konten informatif seperti situs forum online Reddit. Dalam kondisi tertentu, pengguna mungkin ingin membuka situs dengan konten informatif seperti itu, tetapi kesulitan karena diblokir aksesnya.

Jika hendak membuka situs yang telah mengalami pemblokir akses di Google Chrome HP, tetapi belum tahu caranya, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap mengenai cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP.

Lantas, bagaimana cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP? Jika tertarik mencobanya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP.

Cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP

Cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP itu cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna, seperti memakai aplikasi VPN tambahan, menggunakan situs proxy, dan memakai layanan Short URL.

Adapun penjelasan masing-masing cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP dengan mudah adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan aplikasi VPN

Ilustrasi cara membuka situs yang diblokir menggunakan aplikasi VPN.App Store Ilustrasi cara membuka situs yang diblokir menggunakan aplikasi VPN.

Cara pertama yang termudah adalah menggunakan aplikasi VPN (Virtual Private Network). Untuk diketahui, VPN adalah layanan yang dapat menghubungkan pengguna dengan internet secara privasi.

Dengan VPN, identitas dalam akses internet seperti alamat IP (Internet Protocol) dan lokasi dari pengguna akan disamarkan. Saat VPN diaktifkan, pengguna bisa mengakses situs di Chrome HP secara anonim dengan alamat IP dan lokasi yang bukan asli miliknya.

Kemampuan VPN untuk membuat koneksi secara privasi itu memungkinkan pengguna membuka situs yang diblokir atau dibatasi aksesnya. Ada banyak aplikasi VPN yang bisa diunduh di toko aplikasi resmi.

2. Menggunakan situs proxy

Ilustrasi cara membuka situs yang diblokir menggunakan situs proxy.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuka situs yang diblokir menggunakan situs proxy.

Kedua, cara membuka situs yang diblokir di Google Chrome HP adalah dengan menggunakan situs proxy. Ada banyak situs proxy yang bisa digunakan. Misalnya, situs proxy ini https://www.proxysite.com atau https://www.croxyproxy.com.

Pengguna dapat memanfaatkan situs proxy tersebut sebagai perantara untuk membuka situs yang diblokir. Pada situs proxy, pengguna bisa memilih server yang dipakai untuk mengakses sebuah situs, sehingga dapat menyembunyikan lokasi sebenarnya.

Setelah memilih server proxy, pengguna dapat memasukkan situs yang hendak dituju dan melakukan penelusuran.

Baca juga: Cara Pakai VPN di MacBook dengan Mudah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com