Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Message Kini Makin Mirip iMessage Apple

Kompas.com - 04/12/2023, 08:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google mengumumkan pencapaian 1 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active user/MAU) untuk aplikasi pesan instan Google Messages berbasis RCS (Rich Communication Services).

Merayakan pencapaian tersebut, Google merilis sejumlah fitur baru untuk aplikasi pesan bawaan di ponsel Android itu. Beberapa fitur baru ini membuat Google Messages semakin mirip pesaingnya, yaitu iMessage Apple.

Misalnya, adanya warna bubble chat dan background baru. Dengan fitur ini, pengguna bisa menyetel warna gelembung pesan menjadi warna biru.

Warna bubble chat biru ini bakal menjadikan Google Messages mirip dengan iMessage Apple, khususnya ketika pengguna iPhone ketika berkirim pesan ke sesama pengguna iPhone.

Google Messages bisa diatur warna chat bubble, misalnya, menjadi biru miri iMessage iPhone.Google Google Messages bisa diatur warna chat bubble, misalnya, menjadi biru miri iMessage iPhone.
Pengguna juga bisa mengatur warna lain untuk setiap obrolan. Pengguna juga bisa mengubah warna background default putih ke warna lain, misalnya, biru muda.

Google Messages punya fitur Photomoji untuk membuat reakse emoji unik dari foto di galeri ponsel.Google Google Messages punya fitur Photomoji untuk membuat reakse emoji unik dari foto di galeri ponsel.
Kemudian, ada fitur Photomoji. Fitur ini memungkinkan pengguna Google Messages membuat emoji reaksi unik dari foto yang ada di galeri ponsel.

Apple menawarkan hal serupa di iOS 17. Pengguna bisa mengubah potongan foto menjadi stiker untuk digunakan ketika berkirim pesan di iMessage.

Di Google Messages, fitur Photomoji dapat ditemukan di menu baru "Create", ketika menekan gelembung pesan (chat bubble).

Bila diklik, pengguna bisa memilih foto dari galeri ponselnya. Nantinya, model kecerdasan buatan Google otomatis mendeteksi objek gambar dan menghapus latar belakang. Pengguna tinggal klik ikon "kirim" untuk mengirim emoji reaksi.

Emoji reaksi yang terkirim akan muncul di pojok kanan bawah pada chat bubble. Yang menarik, setiap emoji rekasi unik bikinan pengguna ini akan tersimpan di tab khusus untuk digunakan kembali oleh pengguna dan temannya di ruang obrolan grup.

Baca juga: Status Pesan Terkirim di Google Message Dibuat Makin Mirip WhatsApp

Google Messages punya fitur Profiles, fitur ini mirip Contact Poster di iOS 17. Google Google Messages punya fitur Profiles, fitur ini mirip Contact Poster di iOS 17.
Aplikasi Messages Google ini juga menambahkan fitur "Profiles" yang memungkinkan pengguna membuat informasi singkat soal dirinya, disertai nama dan gambar.

Fitur ini mirip dengan Poster Kontak alias Contact Poster di iOS 17.

Dengan fitur ini, pengguna membuat kartu nama yang dapat muncul di layar ponsel pengguna lain ketika meneleponnya. Kartu nama dari fitur poster kontak ini bakal berisi foto profil, background, dan nama pengguna.

Selain itu, Google Messages sekarang juga punya efek animasi untuk kata/kalimat tertentu.

Misalnya, ketika pengguna mengetik "I Love You", layar akan menampilkan animasi hati yang memenuhi layar. Atau ketika pengguna mengirim tulisan "It's snowing" akan menampilkan animasi salju.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com