Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Instagram Cegah Pesan Spam dari Orang Asing di Direct Message

Kompas.com - 07/08/2023, 07:40 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram meluncurkan fitur baru yang dirancang untuk mencegah pengguna menerima pesan spam di kotak pesan alias Direct Message (DM) Instagram.

Selama ini, pengguna bisa mengatur pesan dari orang asing ke kotak request (permintaan). Orang asing pun bisa mengirim pesan DM request ke orang yang tidak mengikutinya, kapan pun mereka mau. Hal ini membuat pengguna bisa menerima spam request di DM Instagram, serta menerima foto atau video yang tak diinginkan.

Nah, kini, fitur baru Instagram ini bakal membuat pengguna bisa menerima permintaan DM Instagram dengan cara yang lebih aman. Pasalnya, dengan fitur baru ini, orang asing yang ingin mengirim direct message ke orang yang tidak mengikutinya akan diberikan dua batasan baru.

Baca juga: Cara Beli Centang Biru Instagram, serta Harga dan Syaratnya

Pertama, orang asing hanya bisa satu kali mengirim permintaan pesan. Pesan yang dikirim akan masuk ke folder request di DM Instagram. Dengan begitu, pengguna tidak akan menerima pesan bertubi-tubi alias spam dari orang asing. 

Ketika pengguna menyetuji permintaan obrolan, orang asing itu baru bisa mengirimkan lebih dari satu pesan di DM Instagram.

Batasan yang kedua adalah soal format pesan yang bisa dikirimkan lewat request DM Instagram. Kini, orang asing dibatasi hanya bisa mengirimkan pesan permintaan dalam bentuk teks saja.

Media dengan format gambar, video, dan voice message tidak bisa lagi dikirim lewat request DM Instagram. Orang asing baru bisa mengirim media ketika permintaan pesan disetujui pengguna yang dituju.

Instagram kini membatasasi request DM. Kini, sebelum permintaan obrolan disetujui, orang asing hanya bisa mengirim pesan teks sebanyak satu kali.Instagram Instagram kini membatasasi request DM. Kini, sebelum permintaan obrolan disetujui, orang asing hanya bisa mengirim pesan teks sebanyak satu kali.
Instagram mengatakan dengan pembatasan baru ini, orang tidak akan lagi menerima gambar atau video yang tidak diinginkan dari pengguna yang tidak mereka ikuti. Orang asing juga tidak akan dapat mengirimi mereka pesan berulang kali.

Instagram juga mencatat, fitur baru ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna perempuan. Sebab mereka disebut sering menerima foto "mengganggu" seperti foto telanjang yang tidak diinginkan di DM mereka.

Pantauan KompasTekno, Senin (7/8/2023), fitur baru untuk cegah spam dari orang asing di Direct Message ini belum hadir di Indonesia. Fitur ini belum tersedia di aplikasi Instagram versi 294.0.0.33.87 di ponsel Android.

Baca juga: Cara Unmute Story Instagram Orang Lain dengan Mudah

Kami masih bisa mengirimkan permintaan pesan yang tak terbatas dengan gambar di DM Instagram.

Fitur privasi lainnya untuk DM Instagram

Fitur direct message yang baru ini melengkapi beberapa fitur privasi dan keamanan lain yang sudah lebih dulu diluncurkan Instagram. Tujuannya untuk melindungi pengguna dari penyalahgunaan dan interaksi yang tidak diinginkan.

Sebelumnya, Instagram meluncurkan fitur "Hidden Word" (kata tersembunyi). Fitur ini memungkinkan permintaan DM yang berisi kata, frasa, dan emoji ofensif secara otomatis akan masuk ke folder tersembunyi, sehingga tidak dilihat oleh penerima.

Instagram juga memiliki fitur yang dapat melindungi pengguna dari lonjakan komentar atau permintaan DM yang tidak diinginkan. 

Selain itu, Instagram juga punya pengaturan privacy "Restrict". Fitur ini memungkinkan pengguna memblokir orang secara "halus", sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Senin (7/8/2023).

Bila membatasi pengguna lain, setiap DM yang mereka kirim akan masuk ke folder permintaan DM. Lalu, komentar apa pun yang mereka tinggalkan di-postingan pengguna hanya akan terlihat oleh mereka. Mereka tidak akan tahu bahwa tidak ada orang lain yang dapat melihatnya di-postingan pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com