Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah-langkah Menyusun Teks Prosedur dengan ChatGPT, Mudah

Kompas.com - 05/12/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara menyusun teks prosedur. Sebagai informasi, teks prosedur adalah teks yang menyajikan petunjuk atau instruksi dalam melakukan sesuatu secara berurutan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Adapun fungsi teks prosedur adalah untuk memberikan informasi atau petunjuk pada pembaca tentang cara melakukan tindakan tertentu, cara membuat sesuatu, atau cara menggunakan suatu barang.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT serta Manfaatnya dalam Membantu Pekerjaan

Ciri-ciri teks prosedur biasanya berisi kalimat imperatif agar pembaca melakukan apa yang diperintahkan dalam teks tersebut. Kemudian, teks prosedur juga berisi panduan yang jelas dan menggunakan konjungsi untuk mengurutkan tahapan.

Teks prosedur bisa disusun melalui beberapa tahap, seperti mencari topik, menentukan tujuan, menyusun teks, dan menegaskan kembali manfaat jika prosedur itu dilakukan kembali.

Pengguna bisa melakukan langkah-langkah menyusun teks prosedur tersebut secara mandiri. Selain itu, pengguna juga bisa mencari inspirasi pembuatan teks prosedur dengan mudah melalui platform chatbot AI (Artificial Intelligence), ChatGPT.

Sebagaimana cukup umum diketahui, ChatGPT merupakan chatbot AI yang memiliki kemampuan untuk menanggapi berbagai perintah pengguna. Dengan kemampuan itu, pengguna bisa meminta ChatGPT untuk menyusun teks prosedur.

Lantas, bagaimana langkah-langkah menyusun teks prosedur dengan ChatGPT? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menyusun teks prosedur dengan ChatGPT.

Langkah-langkah menyusun teks prosedur dengan ChatGPT

Cara menyusun teks prosedur dengan ChatGPT itu cukup mudah. Pengguna tinggal memasukkan perintah atau prompt pada ChatGPT dengan kalimat tertentu untuk memintanya membuat teks prosedur sesuai keinginan.

Baca juga: 10 Pemanfaatan ChatGPT untuk Membantu Proses Pembelajaran yang Perlu Diketahui

Adapun penjelasan yang lebih detail mengenai langkah-langkah menyusun teks prosedur dengan ChatGPT adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website ChatGPT ini https://chat.openai.com dan pastikan telah login akun. Login bisa menggunakan akun Google (akun Gmail).
  • Setelah berhasil masuk, pada kolom pengetikan pesan, silakan ketik prompt atau teks perintah untuk membuat teks prosedur sesuai keinginan.
  • Kirim prompt tersebut ke ChatGPT.
  • Selanjutnya, ChatGPT bakal menyajikan teks prosedur sesuai dengan perintah yang dimasukkan.
  • Jika hasilnya dirasa kurang sesuai, pengguna bisa klik opsi “Regenerate” dan ChatGPT bakal menyajikan variasi lain dari tanggapan sebelumnya.

Ilustrasi langkah-langkah menyusun teks prosedur dengan ChatGPT.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi langkah-langkah menyusun teks prosedur dengan ChatGPT.

Cukup mudah bukan cara menyusun teks prosedur dengan ChatGPT? Perlu diketahui, supaya bisa menghasilkan tanggapan yang sesuai, pengguna harus memasukkan prompt ChatGPT dengan tepat.

Adapun beberapa contoh prompt untuk menyusun teks prosedur via ChatGPT adalah sebagai berikut.

Contoh prompt untuk menyusun teks prosedur

  • Buatkan teks prosedur mengenai cara menyalakan komputer dengan benar. Teks prosedur harus berisi perintah yang jelas dan mudah dimengerti, gunakan kalimat imperatif. Teks prosedur harus berisi tujuan dan manfaat.
  • Susun teks prosedur mengenai cara mematikan komputer dengan benar. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta mudah dimengerti. Gunakan kalimat imperatif dalam menyusun langkah-langkahnya. Cantumkan tujuan dan manfaat dari melakukan cara tersebut.
  • Buat teks prosedur dengan judul “langkah-langkah menghubungkan laptop dengan WiFi”. Teks prosedur harus memuat kalimat imperatif, panduan yang jelas, dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Tambahkan penjelasan tujuan dan manfaat dari teks prosedur ini.

Itulah beberapa contoh prompt ChatGPT untuk menyusun teks prosedur. Perlu diketahui, prompt di atas hanyalah contoh. Pengguna tidak harus mengikuti sama persis dengan prompt di atas untuk menyusun teks prosedur di ChatGPT.

Pengguna bisa membuat sendiri teks perintahnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah menyusun teks prosedur dengan ChatGPT.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Tabung, Balok, dan Kubus dengan ChatGPT

Penting diingat, hasil yang diberikan ChatGPT sebaiknya tidak dipakai secara langsung. Pengguna bisa meninjau kembali hasil teks prosedur yang diberikan ChatGPT. Kemudian, pengguna dapat menyesuaikan isinya secara mandiri sesuai dengan kebutuhan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com