Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Xiaomi 14 Ultra, Punya Sensor Sidik Jari Ultrasonik dan 4 Kamera 50 MP

Kompas.com - 05/12/2023, 15:40 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi merilis duo ponsel flagship Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro di China pada Oktober lalu. Kabarnya, masih ada satu smartphone lagi dari lini tersebut yang akan diluncurkan dan diposisikan sebagai model teratas, yakni Xiaomi 14 Ultra.

Merujuk pada bocoran yang belakangan beredar di internet, smartphone dengan embel-embel "Ultra" ini konon akan dibekali sensor pemindai sidik jari ultrasonik.

Menurut pembocor gadget Digital Chat Station di platform microblogging asal China, Weibo, teknologi pemindai sidik jari tadi tengah diuji coba oleh Xiaomi. Ada kemungkinan ponsel yang akan mendapatkannya tak lain adalah Xiaomi 14 Ultra.

Baca juga: Xiaomi 14 dan 14 Pro Meluncur dengan HyperOS dan Kamera Leica

Cara kerja dari sensor sidik jari ultrasonik sebenarnya mirip dengan in-display fingerprint scanner berjenis optis yang banyak terdapat di ponsel modern.

Bedanya, alih-alih menyorot ujung jari pengguna dengan cahaya dari layar, pemindai sidik jari ultrasonik melakukan pemindaian dengan gelombang suara. Hasilnya, proses pemindaian lebih cepat, akurat, dan bisa dilakukan meskipun jari dalam kondisi basah.

ilustrasi In Display Fingerprintandroidcentral.com ilustrasi In Display Fingerprint

Teknologi ultrasonic in-display fingerprint scanner sudah digunakan oleh sejumlah vendor ponsel lain. Samsung, misalnya,telah menerapkan teknologi ini pada lini smartphone Galaxy S10 pada 2019.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (5/12/2023), Xiaomi sendiri sebenarnya pernah menerapkan sensor serupa pada ponsel Mi 5s keluaran 2016. Namun, setelah itu ponsel-ponselnya beralih menggunakan sensor optis, termasuk di model flagship

Empat kamera 50 MP dan Snapdragon 8 Gen 4

Selain sensor sidik jari ultrasonik, Xiaomi 14 Ultra kabarnya bakal datang dengan empat kamera belakang yang semuanya  memiliki resolusi 50 MP.

Keempat kamera tersebut diduga merupakan kamera ultra wide (0,6x), kamera telephoto dengan zoom optis 3,2x, dan kamera telephoto kedua dengan zoom optis 5x, di samping kamera utama (1x).

Lebar bukaan (aperture) lensa dari masing-masing kamera disinyalir berada dalam kisaran f/1.6 untuk kamera utama hingga f/4 untuk kamera telephoto kedua. Kemudian, kamera depannya disinyalir beresolusi 32 MP.

Baca juga: Xiaomi 14 Pro Jadi Laga Adu Irit, Snapdragon Vs Apple

Apabila benar, konfigurasi kamera Xiaomi 14 Ultra pun mirip dengan Xiaomi 14 Pro, tapi dengan tambahan kamera telephoto kedua yang memiliki jangkauan zoom optis lebih panjang.

Soal layarnya, Xiaomi 14 Pro disinyalir memiliki panel AMOLED 6,7 inci dengan resolusi 2K dan refresh rate 120 Hz.

Dapur pacunya kemungkinan menggunakan Snapdragon 8 Gen 3, chip flagship terkini dari Qualcomm yang juga banyak digunakan di ponsel-ponsel kelas atas lainnya. Adapun sistem opeasi yang dijalankan diduga HyperOS berbasis Android 14. 

Tentu saja, karena masih berupa rumor, informasi di atas masih belum bisa dipastikan kebenarannya. Xiaomi sendiri belum mengungkap keterangan resmi mengenai keberadaan Xiaomi 14 Ultra maupun spesifikasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com