Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampang Oppo Find X7 Pro Bocor, Punya Modul Kamera Segi Delapan

Kompas.com - 05/12/2023, 16:30 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanda-tanda kehadiran Oppo Find X7 Pro kembali mencuat di Internet. Kali ini, tampang Oppo Find X7 Pro beredar di dunia maya.

Dalam bocoran ini, bagian punggung Oppo Find X7 Pro terungkap. Perangkat ini tampak memiliki modul kamera segi delapan.

Bocoran ini dibagikan oleh pembocor gadget di media sosial China, Weibo, bernama Novice evaluation. Dia membagikan dua gambar yang masing-masing menunjukkan tampang depan dan punggung ponsel. Perangkat dalam gambar itu diklaim sebagai Oppo Find X7 Pro.

Menurut posting tersebut, modul segi delapan di bagian punggung Oppo Find X7 Pro akan menampung empat kamera ponsel, termasuk dua kamera periskop.

Bila dibandingkan dengan pendahulunya yakni Find X6 Pro, desain modul kamera Find X7 Pro dibuat berbeda. Sebab, pendahulunya punya modul dengan bentuk lingkaran dan menampung tiga kamera saja.

Jadi, bila Oppo Find X7 Pro benar-benar mengusung empat kamera, maka jumlahnya meningkat ketimbang Find X6 Pro.

Menurut rumor yang beredar, kamera utama Oppo Find X7 Pro akan memakai sensor Sony LYT-900. Sensor ini juga dipakai di Vivo X100 Pro Plus dan Xiaomi 14 Ultra.

Tiga kamera lainnya kemungkinan meliputi kamera ultrawide, kamera periskop dengan zoom yang terbatas serta kamera periskop dengan cakupan zoom optik yang lebih besar.

Baca juga: Daftar HP Oppo yang Dapat Android 14, Find N2 Flip Kebagian Duluan

Keempat kameranya bakal ditemani lampu LED flash. Hanya saja, lampu tersebut ditempatkan di luar modul kamera, bukan di dalam modul seperti di Find X6 Pro.

Lewat forum fotografi tahunan Oppo yang digelar 8 November lalu, Oppo memastikan bahwa Find X7 series akan didukung sistem pencitraan yang disebut Hasselblad HyperTone.

Sistem itu salah satunya terdiri dari HyperTone Image Engine yang akan mengatasi distorsi dan aneka kendala fotografi mobile lainnya lewat software.

Bocoran tampang Oppo Find X7 ProNovice evaluation Bocoran tampang Oppo Find X7 Pro

Pakai layar tepi melengkung

Beralih ke tampilan depan ponsel. Gambar yang dibagikan Novice evaluation menunjukkan tampang depan Oppo Find X7 Pro. Layarnya terlihat memiliki tepi melengkung. Kemungkinan panelnya adalah LTPO AMOLED.

Layar itu juga dihias dengan lubang (punch hole) sebagai "wadah" kamera depan ponsel. Turut menyertai perangkat, terdapat tombol daya dan volume sebaris di sisi kanan ponsel.

Selain itu, gambar itu menunjukkan bahwa calon flagship baru Oppo ini mendukung pemindai sidik jari di layar.

Terlepas dari dua gambar itu, Novice evaluation tak membagikan info lain. Namun menurut rumor yang beredar, Oppo Find X7 Pro bakal ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3, sedangkan Find X7 "reguler" memakai MediaTek Dimensity 9300.

Baca juga: Peminat Oppo Find N Diklaim Lebih dari 1 Juta Orang, Oppo Kewalahan

Kedua model bakal didukung RAM hingga 16 GB dan penyimpanan 1 TB. Fitur lainnya yang akan melengkapi Oppo Find X7 series yaitu fitur komunikasi satelit, dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (5/12/2023).

Oppo belum mengumbar jadwal peluncuran Find X7 series. Bila mengacu tradisi perusahaan, Find X series biasanya rilis pada kuartal pertama setiap tahun. Artinya Find X7 dan Find X7 Pro kemungkinan meluncur awal tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com