Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "GTA 6" Pakai Peta Kota Vice City, Apa Itu?

Kompas.com - 05/12/2023, 19:10 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rockstar Games meluncurkan trailer perdana untuk game Grand Theft Auto 6 (GTA 6/GTA VI), Selasa (5/12/2023). Dalam trailer ini, gamer bisa melihat peta GTA 6 bernama Vice City yang terletak di negara bagian Leonida.

Vice City atau yang kerap disebut dengan nama Vice atau City of Vice, merupakan kota fiksi yang terinspirasi dari kota Miami, Florida, Amerika Serikat. Kota ini sebelumnya menjadi setting untuk game GTA: Vice City (2002) dan GTA: Vice City Stories (2006).

Mantan presiden pengembang GTA Rockstar North, Leslie Benzies, mendeskripsikan kota ini sebagai kota "ramai" dengan pesta. Namun, memiliki sisi kegelapannya tersendiri. Sebab, Vice City merupakan titik pengiriman kokain utama ke Amerika Selatan pada tahun 1980-an.

Vice City terdiri dari dua pulau besar dan dua pulau yang lebih kecil. Pulau besar yang terletak di wilayah iklim tropis ini dipisahkan oleh perairan Ocean Bay, dan dibagi menjadi sejumlah distrik.

Peta Vice City di Grand Theft Auto: Vice City. Peta ini akan digunakan kembali di GTA 6.GTA Fandom Peta Vice City di Grand Theft Auto: Vice City. Peta ini akan digunakan kembali di GTA 6.
Kota "pesta" ini menghadirkan pantai yang luas, berbagai gedung pencakar langit, jalan layang (fly over) yang panjang, klub malam, hotel, rawa-rawa, area perumahan yang penuh dengan geng, dan lain sebagainya.

Baca juga: Rockstar Games Rilis Trailer Pertama GTA 6, Warganet Heboh Bahas Lucia dan Vice City

Terdapat empat rumah sakit dan empat kantor polisi, yang berguna sebagai tempat pemain "hidup" kembali setelah "darah" (Hit Points/HP) mencapai titik nol, atau saat pemain ditangkap oleh polisi karena berbuat kejahatan.

City of Vice juga memiliki satu stasiun pemadam kebakaran dan pangkalan militer udara yang dinamai Fort Baxter Air Base. Titik penting lainnya mencakup Vice Point, Little Haiti, Escobar International Airport, Starfish Island, dan masih banyak lagi.

Kota tersebut menggunakan berbagai jalan raya dan jembatan, bukan sistem kereta api ala GTA: Liberty City Stories dan GTA: San Andreas.

Peta Vice City di Grand Theft Auto: Vice City.Sportskeeda Peta Vice City di Grand Theft Auto: Vice City.
Pada awal game GTA: Vice City, diceritakan jembatan ini sempat ditutup karena Badai Hermione yang diperkirakan bakal menghantam kota tersebut.

Saat badai berubah arah, barulah jembatan dibuka kembali. Badai seperti ini juga kerap terjadi di Miami dan kota Florida Selatan lainnya.

Di luar badai, cuaca Vice City tampak dibagi menjadi panas dan hujan. Musim panas ini cukup panjang dan kadang diselingi oleh hujan deras serta petir.

Vice City dikuasai oleh geng bernama Vance Crime Family. Selain itu, ada juga geng yang lebih kecil seperti Trailer Park Mafia. Geng ini mengontrol komunitas miskin di Vice City sebelum akhirnya ditumpaskan dan dibubarkan oleh Vance Family.

Kemudian, kota ini diramaikan pula oleh geng Cholos, Cubans, The Sharks, Vice City Bikers, Forelli Crime Family, dan Vercetti Gang. Vercetti Gang merupakan kelompok yang dipimpin oleh Tommy Vercetti selaku karakter utama GTA: Vice City.

Versi GTA 6 lebih luas dan modern

Pemandangan kota dan laut di dalam game GTA 6Rockstar Games Pemandangan kota dan laut di dalam game GTA 6
Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, lokasi Vice City digunakan lagi di game GTA 6. Namun, lokasi Vice City di GTA 6 tampak lebih luas dan lebih modern ketimbang game keluaran 2002 itu.

Sebab, kota GTA 6 juga mencakup wilayah baru Kelly County, Vice Dale, Hamlet, Port Gellhorn, Waning Sands, dan sejumlah lokasi lainnya yang tidak ada di GTA: Vice City. Ada pula berbagai toko seperti Pawn and Gun dan Uncle Jack's Liquor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com