Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis LAN Card dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 07/12/2023, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - LAN (Local Area Network) Card, NIC (Network Interface Card), atau yang biasa disebut dengan kartu jaringan, merupakan salah satu komponen yang perlu dipahami ketika tengah mempelajari pengoperasian komputer.

Di bagian LAN Card, terdapat beberapa hal yang perlu dipahami pengguna. Salah satunya adalah jenis-jenis LAN Card. Ada beberapa jenis LAN Card yang umum dipakai saat ini di sebuah komputer.

Baca juga: Pengertian Perangkat Keras Komputer, Lengkap dengan Jenis, Contoh, dan Fungsinya

Lantas, apa saja jenis LAN Card yang umum dipakai saat ini di sebuah komputer? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai jenis-jenis LAN Card atau NIC yang biasa digunakan sekarang.

Jenis-jenis LAN Card

Terdapat beberapa jenis LAN Card yang meliputi LAN Card nirkabel, LAN Card kabel, LAN Card USB, dan LAN Card fiber optic. Tiap jenis LAN Card itu dibedakan berdasar bagaimana ia terhubung dengan komputer dan jaringan.

Adapun penjelasan yang lebih lengkap dari masing-masing jenis LAN Card tersebut adalah sebagai berikut.

1. LAN Card nirkabel

LAN Card nirkabel adalah jenis LAN Card yang menggunakan antena untuk menyediakan penerimaan nirkabel melalui gelombang frekuensi radio. LAN Card nirkabel dirancang untuk koneksi jaringan WiFi.

2. LAN Card kabel

LAN Card kabel adalah jenis LAN Card yang lubang input sebagai tempat untuk menghubungkan komputer dengan jaringan menggunakan kabel. LAN Card kabel umum dipakai menghubungkan komputer dalam jaringan ethernet.

3. LAN Card USB

LAN Card USB adalah jenis LAN Card yang menyediakan koneksi jaringan melalui port USB. Instalasi LAN Card USB cukup mudah karena pengguna cukup memasangnya di port USB komputer dan bisa dilepas-pasang.

4. LAN Card fiber optic

LAN Card fiber optic merupakan jenis LAN Card yang mendukung sambungan kabel fiber optic. Jenis LAN Card ini biasa dipakai untuk mendukung lalu lintas jaringan pada komputer server yang membutuhkan transmisi dengan kecepatan tinggi.

Itulah jenis-jenis LAN Card yang umum digunakan di komputer saat ini. Dengan mengetahui jenis-jenis LAN Card, pengguna dapat lebih mudah untuk memahami seluk-beluk perangkat ini dalam sebuah komputer.

Dalam sebuah komputer, LAN Card sejatinya memiliki fungsi yang cukup penting. Tanpa LAN Card, komputer tidak akan bisa mengakses jaringan internet atau berkomunikasi dengan komputer lainnya di jaringan lokal.

Lantas, sebenarnya apa fungsi LAN Card? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai beberapa fungsi LAN Card atau kartu jaringan.

Fungsi LAN Card

Fungsi LAN Card yang utama adalah menghubungkan perangkat komputer ke sebuah jaringan, baik jaringan lokal antar komputer (ethernet) maupun jaringan internet. Adapun beberapa fungsi LAN Card pada komputer adalah sebagai berikut.

1. Koneksi ke jaringan

LAN Card memungkinkan komputer untuk terhubung ke jaringan, baik melalui kabel (Ethernet) atau nirkabel (WiFi). Lan Card memungkinkan perangkat untuk berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan seperti komputer lain atau server.

2. Mengirim dan menerima data

LAN Card bertanggung jawab untuk mengirimkan dan menerima data dalam jaringan. LAN Card melibatkan konversi data dari bentuk digital ke sinyal fisik yang dapat dikirim melalui media transmisi kabel atau nirkabel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com