Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logitech Perkenalkan Astro A50 X, Headset Wireless untuk Konsol dan PC

Kompas.com - 09/12/2023, 09:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Headset wireless memang praktis, tapi memindah-mindahkan sambungannya antar perangkat bisa merepotkan. Misalnya, dari konsol game PlayStation 5 (PS5) ke Xbox Series X/S atau PC.

Kerepotan itulah yang hendak diatasi oleh headset nirkabel terbaru dari Logitech, Astro A50 X. Produk generasi kelima dari lini produk Astro A50 ini bisa tersambung ke PS5, Xbox Series X/S dan PC sekaligus dalam waktu bersamaan.

Baca juga: Logitech Rilis Keyboard Ergonomis Wave Keys di Indonesia, Harga Rp 1,2 Juta

Pengguna kemudian bisa memindahkan sambungan wireless ke salah satu dari tiga perangkat tersebut dengan hanya menekan satu tombol di unit headset.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Pocket Lint, Sabtu (9/12/2023), hal tersebut dimungkinkan oleh penggunakan teknologi Playsync Logitech lewat unit Base Station terpisah.

Unit Base Station Headset Wireless Logitech Astro A50 X menyediakan rangkaian konektor untuk tersambung ke tiga perangkat dan TV sekaligus. Logitech Unit Base Station Headset Wireless Logitech Astro A50 X menyediakan rangkaian konektor untuk tersambung ke tiga perangkat dan TV sekaligus.
Base Station yang sekaligus berfungsi untuk dock charging headset ini memiliki dua konektor input HDMI 2.1 untuk konsol dan USB C untuk PC, berikut satu HDMI 2.1 untuk output ke TV.

Menurut keterangan di situs Logitech, Base Station meneruskan output video HDMI ke perangkat TV sambil tetap mempertahankan fitur-fitur khusus seperti 4K 120 Hz HDRm VRR, dan latency rendah.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Logitech G Cloud Gaming, Konsol Handheld Pesaing Switch

Sementara, sinyal audio diteruskan ke headset wireless. Apabila headset berada dalam posisi docked alias ditaruh di Base Station, sinyal audio akan otomatis dialihkan ke TV.

Ketika berpindah koneksi wireless antar konsol, Astro A50 X akan menampilkan grafik visual di layar TV dan petunjuk audio di headset agar penggunanya tahu sedang tersambung ke perangkat mana. Untuk PC, petunjuk yang diberikan bersifat audio dari headset.

Headset Wireless Logitech Astro A50 X tersedia dalam pilihan warna hitam dan putihLogitech Headset Wireless Logitech Astro A50 X tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih

Headset Astro A50 X sendiri menggunakan driver Pro-G Graphene berukuran 40 mm yang dijanjikan mampu menghasilkan audio berkualitas tinggi, serta mikrofon 16-bit 48 KHz full band.

Logitech Astro A50X dijual seharga 380 dollar AS atau sekitar Rp 5,9 juta dan sudah bisa dipesan lewat pre-order di situs Logitech. Ketersediaannya di pasaran dijadwalkan pada paruh pertama 2024, namun tanggal pastinya masih belum diungkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com