Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi WiFi Tidak Bisa Tersambung di HP Android dengan Mudah

Kompas.com - 09/12/2023, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - WiFi tidak bisa tersambung di HP Android merupakan salah satu masalah yang umum terjadi. Oleh karena itu, untuk berjaga-jaga, pengguna kiranya perlu mengetahui cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung di HP Android.

Masalah WiFi tidak bisa connect di HP Android bisa terjadi sewaktu-waktu. Jika sampai terjadi, pengguna mungkin bakal panik dan kerepotan karena jadi tidak bisa mengakses internet dari WiFi di HP Android.

Baca juga: 5 Cara Melihat IP Address WiFi atau Router di Berbagai Perangkat, Mudah

Namun, pengguna sejatinya tak perlu panik karena terdapat cara mengatasi WiFi tidak bisa terhubung di HP Android. Sebelum mengetahui caranya, sebenarnya kenapa WiFi tidak bisa tersambung di HP Android? Untuk lebih lengkapnya, begini penjelasan penyebabnya.

Penyebab WiFi tidak bisa connect di HP Android

Ada beberapa penyebab WiFi tidak bisa connect di HP Android yang perlu diketahui. Adapun penyebab yang paling umum terjadi adalah pengguna salah memasukkan kombinasi password atau sandi WiFi.

Kemudian, penyebab WiFi tidak bisa connect di HP Android yang lain adalah terdapat gangguan pada sistem HP. Selain itu, gangguan yang dapat menimbulkan WiFi tidak bisa tersambung di HP Android juga bisa datang dari router yang digunakan.

Gangguan-gangguan tersebut pada dasarnya bisa diatasi secara mandiri jika terjadi masalah WiFi tidak bisa tersambung di HP Android. Lantas, bagaimana cara mengatasi WiFi yang tidak bisa tersambung di HP Android?

Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi WiFi tidak bisa terhubung di HP Android.

Cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung di HP Android

Ada beberapa cara mengatasi WiFi tidak bisa connect di HP Android. Misalnya, pengguna bisa memeriksa kembali komposisi password WiFi yang dimasukkan. Kemudian, untuk mengatasi gangguan pada sistem router, pengguna bisa melakukan restart router.

Selain itu, masih terdapat beberapa cara lain untuk mengatasi masalah WiFi tidak bisa connect di HP Android. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengatasi WiFi tidak bisa connect di HP Android adalah sebagai berikut.

1. Periksa kembali password WiFi yang dimasukkan

Pertama-tama, jika masalah WiFi tidak bisa tersambung di HP Android terjadi, cobalah untuk memeriksa kembali password yang dimasukkan, apakah sudah sesuai atau belum. Kemudian, perhatikan juga format besar-kecil huruf dalam komposisi password yang digunakan.

Jika password WiFi terdapat komposisi huruf besar dan kecil, pengguna perlu memasukkannya secara akurat.

2. Pastikan koneksi WiFi di HP Android sudah aktif

Kedua, pengguna penting untuk memastikan bahwa koneksi WiFi di HP Android telah aktif. Pasalnya, jika belum aktif, HP Android tidak akan bisa memindai, membaca, dan menerima sinyal WiFi dari router.

3. Dekatkan HP Android dengan router

Berikutnya, cara mengatasi WiFi tidak bisa tersambung di HP Android adalah mendekatkan HP dengan router. HP Android yang terlampau jauh dengan router bakal kesulitan untuk menerima sinyal WiFi, sehingga susah terhubung.

4. Matikan dan hubungkan kembali WiFi pada HP Android

Keempat, untuk mengatasi WiFi tidak bisa connect di HP Android, pengguna juga bisa mencoba untuk mematikan dan menghubungkan kembali WiFi pada HP Android. Pengguna bisa mematikan sejenak sambungan WiFi yang ada di HP Android.

Kemudian, tunggu beberapa saat, lalu aktifkan kembali koneksi WiFi pada HP Android. Setelah itu, coba lagi untuk menghubungkan HP dengan perangkat router.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui Password WiFi di HP dan Laptop dengan Mudah dan Praktis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com